Manfaat Kacang Hijau
​​​​​​

Lezat saat dijadikan bubur, kacang hijau memiliki manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan, Moms. Kaya serat, sumber protein nabati, rendah karbohidrat dan memiliki kandungan lemak sehat di dalamnya seperti omega 3 dan omega 6, manfaat kacang hijau untuk kesehatan antara lain mengobati anemia atau kurang darah, mengurangi kolesterol, mengurangi resiko kanker payudara, diabetes, menjaga kesehatan jantung, memperkuat tulang hingga menurunkan berat badan, Moms.

Di samping itu, manfaat kacang hijau untuk kecantikan seperti baik untuk kesehatan rambut, cocok dijadikan lulur tubuh yang dapat mengangkat sel kulit mati, membuat kulit lebih bersih, cerah dan halus. Selain itu, kacang hijau juga bisa dijadikan masker wajah yang dapat menghilangkan bekas jerawat.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Rambut
​​​​​​

Bagus untuk ibu hamil dan janin serta kerap digunakan menjadi makanan pendamping ASI, selain enak dijadikan olahan makanan belum banyak yang tahu nih Moms kalau ternyata kacang hijau berguna untuk mengatasi rambut rontok sampai dengan kebotakan, Moms. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan zinc di dalam kacang hijau dapat menormalkan hormon yang mengatur pertumbuhan rambut.

baca juga

Kacang Hijau Untuk Rambut Rontok
​​​​​​

Vitamin, mineral dan protein yang terdapat pada kacang hijau dapat memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok. Moms bisa menggunakan air rebusan kacang hijau untuk diminum agar menutrisi dan merangsang pertumbuhan rambut dari dalam ataupun menggunakan air rebusan kacang hijau yang digunakan langsung pada rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Kacang Hijau

Untuk mengatasi rambut rontok dengan penggunaan air rebusan kacang hijau sebagai cara alami, yang dapat Moms lakukan yakni:

  • Siapkan 100gr kacang hijau.
  • Cuci kacang hijau sampai bersih.
  • Rebus kacang hijau dengan 3 gelas air, namun jangan sampai kacang hijau pecah untuk mendapatkan air rebusan yang tetap bersih.
  • Saring air rebusan kacang hijau dan ambil sarinya saja.
  • Diamkan air rebusan kacang hijau semalaman hingga berembun.
  • Keesokan harinya, gunakan air rebusan kacang hijau dengan mengoleskan ke seluruh kulit kepala sambil memberikan pijat lembut.
  • Biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bilas dengan air hingga benar-benar bersih.
  • Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.