Jajanan Anak Populer
​​​​​​

Dari masa ke masa jajanan anak yang biasanya dijajakan di sekolah-sekolah tentu semakin beragam ya, Moms. Namun masih banyak loh jajanan dari zaman dulu yang sampai sekarang masih ada dan bertahan bahkan menjadi hits lagi karena seperti bernostalgia pada masa kanak-kanak dahulu karena rasanya pun enak serta bikin kangen.

Beberapa jajanan anak yang cukup populer antara lain seperti telur gulung, cilok, cimol, cilor, mie lidi, sosis mie gulung, kue cubit, tahu bulat, kue leker atau crepes, es goyang, es kado atau es potong, es podeng, gulali rambut nenek, sosis bakar, seblak, es mambo, makaroni, martabak mini, batagor, siomay, cireng isi, bakpao, telur dadar cetakan bulat mini sampai dengan permen gulali aneka bentuk.

Telur Gulung
​​​​​​

Ini nih salah satu jajanan yang kehadirannya awet sampai sekarang. Bahkan bukan cuma anak-anak aja yang suka, tapi orang dewasa pun demikian. Gurih, enak, simple tapi bikin nagih. Mungkin itu yang bisa mendeskripsikan telur gulung sehingga menjadi jajanan favorit siapa saja. Para penjual telur gulung pun kerap memadukan telur gulung dengan sosis, mie atau bihun yang membuat rasanya semakin nikmat, Moms. Daripada repot-repot beli atau cari tukang jualan telur gulung, mending coba bikin sendiri saja di rumah yuk, Moms!

baca juga

Bahan Telur Gulung

Dengan persediaan telur yang ada di rumah, Moms sudah pasti bisa bikin telur gulung sendiri nih, Moms. Bahan-bahan yang perlu disediakan untuk membuat telur gulung pun sederhana Moms, cukup siapkan telur secukupnya, air, bumbu penyedap dan minyak untuk menggoreng telur serta tusuk sate secukupnya untuk menggulung telur gulung.

Bisa juga tambahkan sosis atau mie jika ada dan sesuai selera ya, Moms. Jangan lupa juga sipakan saus sambal pedas ataupun tomat untuk topping pelengkap. Bila perlu beri mayonnaise juga agar tambah mantap telur gulung buatan Moms.

Cara Membuat Telur Gulung

Jika Moms sudah pernah mencoba membuat telur gulung tapi masih gagal, mungkin kelihatannya mudah tapi sebenarnya ada acara yang harus Moms perhatikan dalam membuat telur gulung agar hasilnya sama seperti telur gulung yang ada di tukang dagang, Moms. Pertama-tama kocok telur hingga kuning dan putih telur merata, kemudian tambahkan air secukupnya, lalu berikan penyedap sesuai selera.

Siapkan minyak di penggorengan, tunggu sampai minyak benar-benar panas. Setelah itu, tuangkan kocokan telur dengan sendok makan dengan cara memutar dari daerah tengah penggorengan hingga telurnya menyebar supaya tidak seperti telur dadar. Kemudian gulung telur yang sudah menyebar dengan tusuk sate hingga ke pinggir penggorengan dan telur pun berhasil terkumpul di tusukan sate. Lalu angkat telur gulung yang sudah jadi dan lakukan hal yang sama sampai kocokan telur habis, Moms.

baca juga

Tips Membuat Telur Gulung
​​​​​​

Tips anti gagal dalam membuat telur gulung yaitu pastikan minyak dalam keadaan panas sebelum menuang telur ke penggorengan. Bila perlu beri minyak lebih banyak agar proses menggoreng lebih maksimal. Perhatikan juga campuran telur dengan air dan gunakan Teknik menyebar telur menggunakan sendok serta jangan tunggu sampai telur kecoklatan namun segera gulung ketika telur masih berwarna putih agar lebih mudah di gulung dan hasil terlur gulung pun akan lebih lembut saat dimakan.

Resep Telur Gulung

Bahan-Bahan:

  • 2 butir telur
  • ½ sdt merica
  • ¼ sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk atau penyedap
  • 3 sdm air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya
Bahan Saus:
  • Saus sambal pedas/ saus tomat
  • Cabai bubuk
  • Mayonnaise bila suka
Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah untuk adonan telur. Pecahkan telur ke dalam wadah, tambahkan air lalu kocok hingga rata.
  2. Masukkan merica, garam dan bumbu penyedap. Kocok lagi hingga semua bumbu menyatu dengan telur. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan minyak di wajan, taruh di atas kompor. Tunggu hingga benar-benar panas.
  4. Setelah minyak panas, tuangkan kocokan telur sekitar 2 sdm atau tergantung ketebalan telur gulung yang diinginkan. Jangan lupa tuangkan telur dengan cara menyebar.
  5. Ketika telur muncul ke permukaan dan disekitarnya mulai bergelembung, langsung gulung telur dengan tusuk sate dengan cepat hingga ke pinggir penggorengan.
  6. Tiriskan minyak pada telur dengan sedikit meekannya sambil menggulung di pinggir penggorengan.
  7. Angkat telur gulung yang sudah matang dan lakukan hal sama berulang sampai adonan kocokan telur habis.
  8. Beri siraman saus yang sudah sedikit diencerkan, bubuk cabai dan mayonnaise di atas telur gulung.
  9. Telur gulung favorit buatan sendiri sudah jadi!