Kesalahan yang dilakukan ibu pasca operasi caesar
Pilihan seseorang untuk melahirkan dengan cara normal atau bedah caesar harus diputuskan dengan matang. Karena meski pun saat kelahiran bayi melalui bedah sesar tak sesakit persalinan vaginal, namun bedah caesar tak juga lebih mudah jika dibandingkan dengan persalinan vaginal.

source: https://www.google.co.id/amp/s/www.grid.id/amp/04211366/hal-hal-yang-boleh-dilakukan-ibu-usai-operasi-caesar-wanita-perlu-tahu-nih

Banyak hal yang harus dilalui ibu pasca bedah caesar dan juga kebiasaan-kebiasaan yang tak boleh dilakukan karena bisa menimbulkan bahaya bagi ibu, diantaranya adalah:

Abaikan diet
Pasca melahirkan memang tubuh Moms tidak langsung bisa kembali langsing seperti semula, tapi Moms jangan buru-buru memutuskan untuk melakukan diet pasca iperasi caesar ya. Karena ibu yang baru melahirkan kemudian menyusui harus terpenuhi nutrisi gizinya, hal ini juga akan mempercepat penyembuhan luka pasca operasi.

Nutrisi mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan tingkat energi Moms setelah bagian luka caesar terbentuk. Teruslah makan makanan seimbang yang mencakup protein tinggi, vitamin, karbohidrat, dan zat besi, seperti yang Moms minum selama kehamilan.

source: https://www.google.co.id/amp/s/sehatly.com/7108/amp

Menurut Pedoman Diet yang diterbitkan oleh Departemen Pertanian Amerika dan didukung oleh American Dietitic Association, ibu baru yang menyusui memerlukan asupan kalori tambahan 500 kalori tambahan. Sedangkan asupan kalori tidak boleh melebihi 1.800Kkal per hari. 

Penting untuk menghindari makanan yang menyebabkan konstipasi, menjaga diri terhidrasi dengan baik, dan jika perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai obat pencahar, karena sembelit atau gas dapat menyebabkan tekanan berlebih pada jahitan yang halus.

baca juga

Hindari tertawa dengan perut
Bekas luka operasi caesar biasanya akan benar-benar kering setelah satu minggu lebih. Oleh karena itu, bagi Moms yang melakukan aktivitas apa saja setelahnya harap berhati-hati, termasuk tertawa. Karena biasanya tertawa yang terlalu akan membuat otot-otot pada perut terguncang dan akan memberikan tekanan pada perut. Tentu saja ini akan terasa sakit dan menjadi salah satu kesalahan yang dilakukan pasca operasi caesar.

source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-dan-gejala-perut-sakit-saat-batuk/amp/

Tidak hanya itu, beberapa tindakan refleks seperti batuk atau bersin saat bunda duduk juga bisa memberikan tekanan pada jahitan. Jadi hindari debu atau hindari tempat sedingin mungkin. Ini semua demi kebaikan Moms dan juga si kecil. Siapkan juga bantal untuk menekan perut Mama apabila Mama tertawa, batuk, atau bersin untuk mengurangi rasa sakitnya.

Hindari mandi sesering mungkin
Pada hari-hari pasca operasi caesar, hindari mandi sesering mungkin. Sebaiknya tutup luka dengan pembalut tahan air jika Moms benar-benar harus melakukannya. 

source: https://www.alodokter.com/ketahui-aturan-mandi-setelah-melahirkan

Luka baru ketika kontak dengan air, dapat menyebabkan infeksi atau komplikasi lain yang pada gilirannya dapat menunda proses penyembuhan. Juga, hindari mengganti balutan luka sendiri. Selalu mencari bantuan medis untuk melakukannya.

baca juga

Jangan mengangkat beban berat
Jangan lakukan hal ini setelah melakukan operasi caesar ya, Moms. Hal terberat yang Moms angkat hanyalah si kecil. Selain itu, disarankan untuk tidak mengangkat barang berat karena dapat memicu pendarahan atau membuka jahitan di perut Moms sehingga luka lebih sulit kering.

source: https://m.inilah.com/news/detail/2359013/wanita-jangan-sering-angkat-beban-berat

Hindari juga melakukan olahraga terlalu berat selama dokter belum mengijinkan. Moms cukup berjalan kaki beberapa langkah jika ingin cepat pulih pasca operasi caesar. Selain itu, Moms tetap harus mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter kapan dapat mulai kembali berolahraga.

Hindari hubungan seks
Untuk memulai kembali berhubungan seks, Moms dapat menanyakan pada dokter atau bidan waktu yang tepat atau Moms dapat memperkirakan sendiri  apakah Moms sudah siap untuk melakukannya kembali.

source: https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/health/read/2016/03/06/210900623/Jangan.Lakukan.6.Hal.Ini.Sebelum.Berhubungan.Seks

Namun tunggulah hingga 6-7 minggu pacsa operasi, hingga luka pada jahitan sudah mulai mengering, dan Mons sudah mulai nyaman untuk melakukannya kembali. Komunikasikan hal ini pada pasangan, tentu pasangan akan mengerti dengan kondisi Moms.

Hindari kesalahan-kesalahan yang dilakukan pasca operasi caesar ini agar Koms lebih cepat sembuh dan menikmati hari-hari menyenangkan sebagai ibu baru!