Menindik telinga bayi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para orang tua yang memiliki anak perempuan. Namun beberapa orang tua masih kebingungan kapan waktu yang tepat untuk menindiki telinga bayi.

Selain itu selalu saja timbul kekhawatiran kalau si kecil akan kesakitan dan mengalami infeksi pada telinga. Meskipun menindik telinga bayi merupakan hal yang sederhana, namun sebaiknya dilakukan di waktu yang tepat lho Moms. Nah, berikut ini adalah waktu yang tepat untuk menindik telinga bayi. Simak yuk moms.



1. Kapan Waktu yang Tepat? 

Sebaiknya menindik telinga bayi pada saat usia si kecil mencapai 3 bulan, dimana daya tahan tubuh bayi sudah bisa melawan infeksi yang timbul pada tubuhnya. Setelah ditindik jaga tangan si kecil agar tidak banyak menyentuh bagian telinga yang habis ditindik, untuk menghindari luka yang lebih parah.

Hal yang terjadi setelah bayi ditindik, biasanya ia akan sering menangis karena rasa sakit. Tapi Mom tak peru khawatir, dan sebaiknya olesi lubang telinga dengan minyak kelapa atau alkohol untuk menghindari infeksi pada luka.
 
source: http://honey.nine.com.au



 

2. Hal-hal yang Perlu Diperhartikan Sebelum Menindik Telinga Bayi


- Pilih Anting yang Tepat
Mom, sebaiknya gunakan anting emas atau platinum untuk menghindari munculnya infeksi atau ruam merah pada kulit telinga si kecil. Selain itu pilihlah model anting yang simpel dan jangan menggunakan anting yang terlalu banyak aksesoris. 

- Pilih Tempat yang Tepat
Untuk menghindari gangguan infeksi pada telingan si kecil, sebaiknya lakukan proses menindik telinga di tempat yang tepat, seperti rumah sakit atau klinik yang terdapat tenaga medis khusus untuk menindik telinga bayi. 

- Bayi Sudah Disuntik Vaksin
Sebelum melakukan penindikan, pastikan si kecil sudah menerima suntikan vaksin seperti Difteria-Tetanus-Pertusiss (DtaP). Hal tersebut untuk menghindari bayi terkena infeksi dari alat-alat tindik ataupun anting-anting yang ia pakai. 

-Telingan Bayi dalam Keadaan Bersih
Sebelum menindik telinga bayi, pastikan Mom sudah membersihkan seluruh permukaan telinga menggunakan sabun atau baby oil. Hal ini untuk menghindari munculnya kemerahan atau infeksi yang disebabkan oleh kotora yang masuk ke lubang tindikan. 

source: http://www.imperfectparent.com