Bullying di Sekolah

Bullying di sekolah akhir-akhir ini memang kerap terjadi. Semakin berkembangnya media sosial, serta kurangnya pengawasan dan pendidikan terhadap anak dari orangtua merupakan salah satu alasan yang sangat mendasari adanya kegiatan bullying di sekolah. Ada baiknya, orangtua memberikan dasar pendidikan baik secara agama maupun sosial ketika di rumah, sebelum anak-anak masuk sekolah. Moms dan Dads harus membekali anak dengan pengetahuan bahwa melakukan atau terlibat dengan kegiatan bullying itu bukan sesuatu yang baik dan harus dihindari.

source: https://www.gacetamexicana.com/wp-content/uploads/2018/02/0e0ac3e8d19f09bd94a6656f2f50e14d.jpg

Tanda Anak Mengalami Bullying di Sekolah

Berikut ini beberapa tanda-tanda anak mengalami bullying di sekolah.

Cedera yang Tidak Bisa Dijelaskan

Jika Moms melihat ada bagian tubuh anak yang mengalami luka atau cedera, sebaiknya segera tanyakan apa penyebabnya. Jika anak bisa menjelaskan alasan cedera dengan jelas dan percaya diri, kemungkinan besar cedera tersebut bukan merupakan akibat dari tindakan bullying. Namun, jika si kecil tidak bisa menjelaskan dengan baik alsan dari luka tersebut, ada baiknya Moms terus menggali lebih dalam dan jika perlu tanyakan kepada pihak sekolah.

source: https://cdn.newsapi.com.au/image/v1/c2e980bb4a08adb69f0dad76161a4568
baca juga

Beberapa Barang yang Rusak dan Hilang

Tindakan bullying dapat berupa macam-macam, ada tindakan verbal, fisik, maupun yang lainnya. Yang jelas, pelaku bullying akan melakukan apapun yang dapat membuat korban merasa tidak aman. Salah satu yang sering terjadi adalah mengambil barang milik korban bullying. Bisa saja anak korban bullying tidak disukai oleh teman-temannya yang merasa iri dengan apa yang ia miliki. Jadi, jika ada beberpa baranganak yang hilang, Moms perlu mencari tahu dan menggali lebih dalam kemana barang-barang tersebut.

source: http://2.bp.blogspot.com/_S0yzP0Oxkdw/TCjxAhOVD5I/AAAAAAAAAhI/nyOZNMrHLBk/s1600/pencils-lostandfound.JPG

Perubahan Kebiasaan Makan

Jika biasanya si kecil memiliki nafsu makan yang baik dan tiba-tiba kurang nafsu makan, Moms perlu mencari tahu penyebabnya. Apakah si kecil mengalami sakit pada bagian tubuhnya atau terdapat masalah lainnya. Segera tanyakan kenapa anak mengalami perubahan kebiasaan makan.

source: https://www.savvymom.ca/wp-content/uploads/fly-images/107376/iStock-599684120-690x400-c.jpg
baca juga

Susah Tidur dan Sering Mimpi Buruk

Anak yang mengalami bullying pada umumnya selalu merasa tidak aman dimanapun dia berada. Karena sering mengalami tindakan kekerasan di sekolah, maka si kecil akan selalu merasa tidak aman. Terkadang, rasa tidak aman tersebut akan terus ada di pikirannya sehingga terbawa pada saat tidur. Si kecil akan sering bermimpi buruk akibat mengalami tindakan bullying di sekolah.

source: https://www.sheknows.com/wp-content/uploads/2018/08/jyesxoawbsfxdzwtelow.jpeg

Nilai di Sekolah Menurun

Tindakan bullying yang dilakukan terhadap anak akan mempengaruhi fisik maupun mental si kecil. Anak akan terganggu dalam belajar ketika sudah mengalami tindakan bullying. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap nilai yang didapat di sekolah.

source: https://sikizi.com/wp-content/uploads/2018/10/dismal-performance-in-school.jpeg

Kurang Percaya Diri

Si kecil dapat tiba-tiba menjadi kurang percaya diri akibat tindakan bullying. Mereka akan merasa apa yang dikatakan oleh teman-temannya yang melakukan bullying itu benar terjadi pada dirinya. Misalnya anak di-bully karena memiliki tubuh yang gendut atau sifat yang buruk. Hal tersebut akan membuat korban bullying merasa tidak percaya diri dan takut untuk bersosialisasi.

source: http://www.michaelreist.ca/wp-content/uploads/2017/09/600x315.jpg

Menghindar atau Menarik Diri dari Situasi Sosial

Anak korban bullying akan berpikir jika ia menghindar dari teman-teman dan lingkungan sosial, keadaan akan menjadi lebih baik. Ia tidak akan lagi terkena bullying oleh teman-temannya. Namun, hal tersebut tidak baik untuk kehidupan sosialnya kelak. Moms dan Dads harus memperhatikan apakah si kecil ingin menghindar dari kehidupan sosialnya atau tidak. Jika iya, Moms harus mencari tahu lebih lanjut.

source: https://cdn.shortpixel.ai/client/q_lossy,ret_img,w_800/https://farsimply.com/wp-content/uploads/2018/12/shykidgainconfidence.jpg

Demikian beberapa tanda-tanda anak yang mengalami bullying. Semoga bermanfaat ya Moms dan Dads!