Acyclovir adalah obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit akibat infeksi virus seperti herpes simplex, varicella zoster, maupun herpes genital. Acyclovir ini pun tersedia dalam bentuk salep, serta fungsi salep acyclovir sangat bagus untuk mengatasi penyakit seperti cacar air, jerawat, atau penyakit herpes. Salep acyclovir juga bisa digunakan untuk ibu hamil, moms.

Meskipun begitu, salep acyclovir tidak sepenuhnya dapat menghilangkan penyakit. Salep acyclovir hanya membantu menghentikan virus yang kian menyebar ke area tubuh lainnya dan menurunkan tingkat keparahan pada pasien.

Salep Acyclovir untuk Cacar Air

Penyakit cacar air terjadi disebabkan oleh virus yang bernama varicella zoster atau herpes zoster. Saat terkena cacar air, sekitar tubuh akan bermunculan bitnik-bintik berair, sebaiknya salep acyclovir langsung dioleskan langsung di bintik berair tempat virus berada, moms. Salep acyclovir tidak akan berefek jika digunakan ketika penyakit cacar air sudah lewat atau hanya meninggalkan bekas cacar air, karena salep acyclovir tidak akan membantu menyamarkan bekas luka dari cacar air.

baca juga

Salep Acyclovir untuk Jerawat

Jerawat yang timbul dikulit wajah juga disebabkan karena adanya bakteri, virus dan lain-lain. salep acyclovir yang merupakan obat antivirus ini dipercaya mampu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Selain itu salep acyclovir dapat mencegah timbulnya jerawat yang makin banyak. Pastikan ya moms oleskan salep acyclovir pada jerawat yang baru saja timbul atau terlihat merah dan matang, jangan gunakan salep acyclovir pada jerawat yang sudah kempes atau hanya menyisakan bekasnya saja, karena itu akan percuma.

Salep Acyclovir untuk Ibu Hamil

Salep acyclovir aman digunakan ibu hamil yang juga bisa terserang herpes simpleks atau herpes zoster dengan gejala antara lain rasa sakit seperti terbakar atau tertusuk benda tajam, timbul ruam di daerah yang terkena herpes, sakit kepala, demam, kelelahan, dan sensitif dengan cahaya. Hal tersebut sangat mengganggu kan, moms? Moms bisa gunakan salep acyclovir, karena salep tersebut juga aman untuk janin. Jika penyakit tersebut tak kunjung sembuh dan masih mengganggu, disarankan agar moms langsung memeriksakan diri ke dokter.

baca juga

Aturan Pakai Salep Acyclovir

Jika moms mendapatkan resep salep acyclovir dari dokter, sebaiknya moms ikuti aturan pakai yang sudah dianjurkan oleh dokter. Biasanya penggunaan salep acyclovir dioleskan pada kulit yang terinfeksi sudah dibersihkan. Penggunaan salep acyclovir pun biasanya digunakan 3 hingga 4 kali dalam sehari.