Bayam Duri Tanaman Herbal

Mendengar kata bayam duri pasti kesan yang pertama muncul pada Moms adalah gulma. Jenis bayam yang mudah tumbuh ini memang sering dianggap pengganggu atau tanaman liar semata karena dinilai tidak memiliki manfaat. Faktanya, bayam duri memiliki rasa dan manfaat sama seperti bayam sayur yang lainnya lho Moms. 

Namun, karena habitatnya tumbuh liar di sekitar pekarangan maupun sawah membuatnya kurang dipandang sebelah mata sebelah mata.  Tanaman dengan nama ilmiah Amaranthus spinosus ini memiliki rasa manis, pahit, dan bersifat segar.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada bayam duri antara lain amarantin, rutin, kalium nitrat, kalium oksalat, tanin, piridoksin, garam-garam fosfat, zat besi, vitamin A, C, serta K. Kandungan nutrisi yang ada pada bayam duri memiliki sejuta manfaat.

Manfaat Bayam Duri untuk Anak

Setelah mengulas tentang kandungan nutrisi pada bayam duri, Moms tentu penasaran kan dengan apa saja khasiat dari bayam duri. Kandungan nutrsinya tidak hanya dapat dirasakan pada orang dewasa, tapi manfaat bayam duri untuk anak juga banyak.

Beberapa manfaat bayam duri pada anak misalnya untuk mengobati bisul, disentri, sakit tenggorokan, penurun panas, menyembuhkan saluran petnafasan dan lain sebagainya.

Lalu bagian apa saja yang bisa dijadikan obat ya Moms? Jawabnya adalah seluruh bagian bayam duri. Tumbuhan bayam duri, baik segar maupun kering, mau batang atau daun semua bagiannya dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit jadi enggak perlu pilih-pilih deh.

baca juga

Beberapa Cara Meracik Bayam Duri untuk Obat

Penyakit pertama yang bisa ditangani dengan bayam duri adalah bisul. Cara membuat obat bisul dari bayam duri sangatlah mudah. Pertama siapkan daun bayam duri sebanyak 5-8 lembar, lalu tumbuk hinggak halus.  Campurkan sedikit ramuan dengan madu, kemudian gunakan ramuan untuk menutupi bisul.  Balut dengan perban agar tidak infeksi. Gantilah obat sebanyak 2 kali sehari.

Sedangkan manfaat bayam duri untuk meredakan demam anak, dapat Moms peroleh dengan cara menumbuk 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung. Tumbuklah bahan hingga halus, kemudian ditambah 1 gelas air secukupnya. Cara penggunaannya cukup menempelkan pada kening anak sebagai alat kompres, maka panas pun bisa hilang

Untuk cara mengobati radang tenggorokan anak dengan bayam duri, Moms membutuhkan akar bayam duri. Caranya, yaitu dengan merebus akar bayam duri sebanyak 45 gram dan dengan air sebanyak 3 gelas. Tunggu hingga mendidih ya Moms dinginkan lalu minum ramuan sebanyak 2 kali sehari, maka tenggorokan akan merasa lega.

Racikan selanjutnya adalah untuk menambah darah. Pembuatan racikan obat ini cukup sederhana menumbuk daun bayam duri hingga halus kemudian ambil airnya.  Beri tambahan madu agar manis, minumkan padan anak sehari niscaya tenggorokan akan lebih nyaman. Selamat mencoba ya Moms.