Bawang merah merupakan jenis tanaman yang termasuk ke dalam jenis umbia-umbian ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya rambut. Bawang merah diperkaya akan kandungan sulfur, vitamin A, C, dan E yang mampu mengatasi masalah rambut seperti kerontokkan. Pasti tidak ingin kan moms rambut jadi menipis, moms bisa lho gunakan bawang merah.

Manfaat Bawang Merah untuk Rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut sangat beragam yaitu untuk mengatasi masalah gatal pada rambut. Rambut gatal memang membuat moms tidak nyaman, terlebih bagi wanita yang berhijab. Gatal juga bisa disebabkan karena ketombe atau kutu rambut. Nah, moms bisa coba nih bawang merah yang ditumbuk dan dioleskan di seluruh area kepala dan rambut. Lakukan setiap hari, dijamin gatalnya akan hilang.
 
Manfaat lainnya dari bawang merah yakni membuat rambut terasa dua kali lebih kuat sehingga tidak mudah rontok, karena kandungan di dalam bawang merah dapat menutrisi rambut. Rambut yang merupakan mahkota perempuan akan jauh lebih sehat dan tak kusam jika dirawat menggunakan bawang merah. Selain itu, bawang merah juga bagus digunakan pada rambut yang berminyak atau lepek.

baca juga

Masker Bawang Merah untuk Rambut

Masker rambut yang dijual di supermarket kini sudah beragam. Tapi moms bisa lho memakai bahan alami tanpa mengeluarkan biaya banyak, yaitu dengan menggunakan masker bawang merah sebagai masker rambut. Berikut masker bawang merah yang bisa moms kombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Bawang Merah dan Jahe

Cukup sederhana, moms hanya perlu menghaluskan bawang merah bersama dengan setengah potong jahe dengan cara memblender hingga benar-benar halus. Kemudian, oleskan ramuan ini pada rambut sambil dipijat lembut, kemudian tunggu hingga beberapa menit agar ramuan meresap ke kulit kepala. Setelah selesai, bilas rambut dengan shampoo. Jahe pun memiliki kandungan anti-radang yang mana jika dicampurkan dengan bawang merah akan membantu menumbuhkan rambut dan mencegah terjadinya kerontokkan pada rambut.

baca juga

Bawang Merah dan Minyak Zaitun

Moms bisa juga campurkan bawang merah yang sudah dihancurkan hingga menjadi jus dengan 1 sendok minyak zaitun. Cara menerapkannya pun sama dengan campuran bawang merah dan jahe. Terakhir, jangan lupa rambut dibilas ya moms. dengan bawang merah dan minyak zaitun, moms bisa rasakan hasil yang baik dari rambut moms. Ketombe akan hilang, dan pertumbuhan rambut menjadi cepat.

Bawang Merah dan Madu

Bawang merah dan madu juga mampu mengatasi masalah rambut berminyak. Keduanya dapat membuat rambut terasa lebih lembab, selain itu bawang merah dan madu merupakan bahan alami yang aman bagi kulit kepala. Cara pemakaiannya pun cukup oleskah jus bawang merah dan madu ke area kepala dan seluruh rambut dan pijat perlahan.