Warnanya boleh saja sama hitam, namun kecap inggris dan kecap asin ternyata benar-benar berbeda loh moms! Banyak orang beranggapan jika kedua jenis kecap ini memiliki rasa dan fungsi yang sama, ternyata itu sama sekali salah. Hemm, kira-kira apa ya moms perbedaannya?

Kecap Inggris

Sering disebut worcestershire, bumbu masak ini merupakan saus berbentuk cairan ecer dengan warna gelap, memiliki rasa sedikit asin, dan aroma yang menggugah selera. Pasalnya kecap inggris terbuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih. 

Keguanaan dari kecap inggris pada masakan ialah sebagai penyedap utama pada masakan daging sapi dan berbagai macam makanan yang dimasak maupun tidak. Beberapa contoh makanan yang akan semakin sedap bila ditambahkan kecap inggris seperti, welsh rarebit, kalkun, pasta, salad, bahkan hingga minuman koktail bernama Bloddy Mary.

Kecap peninggalan hubungan Inggris dan Indian ini ternyata memiliki 'turunan' yang disesuaikan dengan citarasa masyarakat Jepang. Diberi nama saus uster, terbuat dari sari sayur-sayuran dan sari buah-buahan, gula, garam, cuka, serta berbagai macam rempah yang sudah difermentasi.

Namun variasi saus uster tidak sampai di sana. Saus tonkatsu, saus okonomiyaki, saus yakisoba, dan saus takoyaki merupakan hasil rekayasa dari saus uster dengan cita rasa dan kekentalan yang berbeda. Biasanya digunakan sebagai penyedap kari, yakisoba, tempura, tonkatsu, katsudon, dan lainnya.

baca juga

Kecap Asin

Lain dari kecap inggris, kecap asin adalah sejenis kecap yang rasa asinnya berasal dari hasil fermentasi bahan nabati atau hewani berprotein tinggi dalam larutan garam. Bumbu bernama soy sauce ini berwarna coklat tua, berbau khas, juga mampu membuat masakan semakin sedap. Kecap terbuat dari kedelai dengan komposisi garam atau ikan laut yang lebih banyak.

Awalnya kedelai difermentasi oleh kapang menjadi serupa tempe kedelai, kemudian dikeringkan dan direndam di larutan garam. Berkat senyawa yang terkandung di dalam garam, mikroba yang tumbuh dalam kecap asin pun hanya mikroba tahan garam yang merombak protein menjadi asam-asam amino, komponen rasa, dan aroma hingga menghasilkan asam.

Kegunaan kecap asin pada masakan bermacam-macam, tergantung pada jenisnya sendiri. Tidak hanya makanan oriental saja yang enak dibumbui kecap ini moms. Bisa juga digunakan pada berbagai sayuran, tumisan, bahkan bubur.

Kecap asin dan kecap inggirs bisa saling menggantikan? Jawabannya tidak! Pasalnya dari rasapun sudah berbeda. Pada dasarnya rasa kecap asin lebih sederhana daripada kecap inggris. 

Selamat memasak moms!