Rok bisa memberikan berabagai kesan, mulai dari formal hingga santai atau sopan hingga seksi. Namun dari semua itu rok menekankan satu kualitas, dan itu adalah feminitas. Nilai-nilai ini sangat bertentangan dengan sejarah awal rok itu sendiri loh moms!

Bawahan sederhana ini merupakan salah satu mode pakaian tertua manusia, setelah cawat. Semua itu berawal dari sepotong bahan berbentuk persegi panjang yang terbuat baik dari kulit maupun daun yang disatukan. Setelahnya manusia jaman dulu melilitkannya di pinggang dan terciptalah rok.

Sejarah seni kuno pun menunjukan jika pria akan disebut 'jantan' saat mengenakan rok. Tradisi dilanjutkan oleh pria di Skotlandia yang memakai rok pada acara-acara tradisional.

Tetapi pada abad ke-19 nilai tersebut berubah sebagai 'feminitas'. Selain itu, para wanita mulai menggunakan rok untuk titel kebangsawanan. Semakin panjang rok yang digunakan semakin terlihat kaya, karena saat itu kain masih sangatlah mahal.

Kejadian sebelum Revolusi Industri tersebut, mendorong berhasil memberikan pengaruh besar bagi mode saat ini. Pasalnya, berbagais macam potongan rok sudah banyak tercipta dan laris di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Kira-kira setelan rok seperti apa ya yang sedang menjadi trend dan banyak diburu di Indonesia ya moms?

1. Setelan Rok Tutu

Rok tutu alias rok tulle identik sebagai pakaian yang sering dikenakan balerina. Moms jangan heran ya saat meligat bentuknya yang mengembang. Justru ini membuat penampilan moms dan si buah hati terlihat anggun layaknya princess

Selain balerina, beberapa waktu ini rok tutu kian tren dan hits, terutama di kalangan hijabers. Namun bagi moms yang tidak berhijab bisa banget ikut tampil hits kok dengan rok tulle ini!

baca juga

2. Setelan Rok Batik

Setelan rok batik bisa jadi salah satu pilihan moms yang ingin menghadiri acara resmi. Banyaknya jenis batik akan semakin serasi jika dipadukan dengan atasan kebaya, baju polos atau pun kaos. Kebanyakan moms menggenakan rok ini sebagai seragam bersama suami tercinta jika akan menghadiri undangan.

3. Setelan Rok Plisket

Tidak hanya terlihat moms terlihat modis, plisket juga praktis dan nyaman untuk dipakai sehari-hari. Tidak heran jika kini tengah digandrungi banyak wanita. Perpaduan dengan berbagai outfit apapun rok plisket ini akan tetap cocok kok moms!

baca juga

4. Setelan Rok Kotak-Kotak

Terakhir ada setelan rok kotak-kotak. Tidak kalah trendi dengan rok sebelumnya, motif kotak-kotak sering dipadukan bersama atasan polos. Tapi taukah moms, jika banyak juga yang menggabungkannya dengan atasan bercorak!