Ada dua proses melahirkan, yaitu normal dan sesar. Umumnya, para moms memilih ingin melahirkan dengan proses apa. Namun, kebanyakan memilih melahirkan normal dengan alasan lebih natural.

Akan tetapi, dokter biasanya menyarankan para moms untuk memilih proses persalinannya. Pasalnya, ada beberapa kasus yang membuat kamu tidak bisa melahirkan secara normal, salah satunya adalah minus karena dapat membuat saraf mata putus dan menyebabkan kebutaan.
 

source: http://fakta.co.id




Nah, buat moms yang memilih untuk melakukan operasi normal ada beberapa hal yang dapat moms pertimbangkan seperti kekurangan dan kelebihannya. Apa saja itu? Berikut penjelasannya ya moms.


Kekurangan:
 

  • Sakit di area perineum, salah satu kekurangan melahirkan normal yang banyak dieluhkan oleh para moms adalah rasa sakit di area perineum atau area antara vagina dan anus yang umumnya robek saat melahirkan. Nah, moms yang melahirkan secara normal biasanya akan merasakan sakit berkepanjangan di area tersebut.
  • Cidera, saat melahirkan normal ada beberapa moms yang mengalami cidera karena ukuran bayi yang terlalu besar. Kondisi itu seringkali membuat moms mengalami cidera seperti memar hingga retak tulang.
  • Kerusakan pada kulit dan jaringan vagina, pada saat melahirkan normal umumnya mengakibatkan kulit dan jaringan pada vagina akan melebar dan bahkan robek. Kondisi tersebut dapat membuat otot pinggul yang mengontrol air seni menjadi melemah.
source: http://www.thehealthsite.com
baca juga




Kelebihan:
 

  • Dapat langsung interaksi dengan bayi, salah moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh para moms yang baru saja melahirkan adalah dapat berinteraksi langsung dengan sang bayi. Nah, jika moms memilih melahirkan secara normal maka kamu bisa langsung berinteraksi dengan bayi, bahkan bisa langsung memberikan ASI pertama kepada sang buah hati.
  • Dapat cepat pulang dari rumah sakit, kelebihan lainnya dari melahirkan normal adalah moms dapat pulang dari rumah sakit lebih cepat dibandingkan moms yang melahirkan secara sesar. Bahkan, bila dokter menganggap moms terlihat sudah sehat dalam waktu 1-2 hari, maka sudah diperbolehkan untuk pulang.
  • Terhindari dari risiko operasi, hal ini juga penting moms, kamu yang memilih untuk melahirkan secara normal maka akan terhindar dari risiko operasi yang kerapkali mengintal para moms yang melahirkan sesar seperti pendarahan, infeksi dan lainnya.
source: http://www.cofam.org.ar