Petai
Petai, pete atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae). Tumbuhan ini tersebar luas di Indonesia bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Makanan yang satu ini sering dihindari karena punya efek samping pada bau mulut dan air seni. Walaupun begitu, petai masih jadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.
Petai bisa dijumpai dalam beragam olahan yang menggugah selera. Dari sambal petai, lodeh, sampai nasi goreng.

Tips mengolah petai agar tak bau sebelum dimasak
Moms penasaran kenapa petai menimbulkan bau tak sedap? Petai mengandung asam amino dengan unsur belerang yang cukup tinggi. Unsur belerang inilah yang kemudian membuat petai bau.

source: https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3732285/tips-agar-petai-tidak-cepat-busuk-walau-tak-masuk-kulkas

Tapi tenang saja Moms, karena dengan beberapa trik tertentu, bau petai bisa diminimalisir bahkan dapat menambah kelezatan masakan. Bagaimana caranya?

baca juga

Bakar petai bersama kulitnya
Agar bau petai berkurang dan rasanya semakin nikmat, Moms bisa menbakar petai bersama kulitnya sebelum dimasak sebagai sambal petai, campuran lodeh tempe, sambal teri atau pun campuran sambal goreng kentang. Petai yang dibakar akan terasa lebih gurih, enak dan baunya cukup berkurang. 

source: http://kidskunst.info/41/12359-sayur-pete.htm

Rebus petai bersama kulitnya
Cara lain yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan bau menyengat dari petai adalah dengan merebus petai bersama kulitnya. Setelah direbus bersama kulitnya hingga empuk, Moms bisa mendiamkannya hingga dingin, kemudian kupas dan potong sesuai selera. Petai rebus baunya akan berkurang dan tekstur juga lebih lembut.

Rendam petai dalam air garam
Rendamlah petai dalam air garam sekitar 20-30 menit. Selain bisa menghilangkan kotoran atau ulat, cara ini dipercaya mengurangi bau petai dan membuat rasa petai semakin gurih dan lezat.

Goreng petai dengan api kecil
Cara sederhana yang terakhir untuk mengurangi aroma menyengat pada petai adalah dengan menumis atau menggorengnya lebih dulu sebelum dikonsumsi. Cara ini tidak hanya menghilangkan bau petai, tapi juga membuatnya lebih gurih dan sedap. Goreng petai yang sudah diiris atau utuh dalam api kecil hingga agak layu. Untuk menyeimbangkan aromanya, Moms bisa goreng petai bersama bawang merah.

Nah, tips berikut tadi bisa dicoba di rumah ya, Moms. Jadi tak ada lagi alasan untuk malas atau takut mengolah petai karena baunya yang tak sedap. Semoga tips ini bermanfaat ya, Moms!