Kipas Angin

Kipas angin merupakan salah satu media untuk menyejukkan ruangan. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan listrik dan kipas angin akan berputar sehingga menghasilkan angin. Kipas angin menjadi salah satu alternatif yang sering digunakan untuk menyejukkan ruangan di saat kondisi cuaca sedang tidak bersahabat atau panas. Kipas angin memiliki watt yang lebih rendah jika dibandingkan dengan AC, sehingga lebih hemat listrik.

source: http://theartsupplystore.co/wp-content/uploads/2018/04/clean-fan-blades-blog-hero-use-a-pillowcase-to-clean-ceiling-fan-blades-photo-molly-how-to-clean-dirty-white-ceiling-fan-blades.jpg

Kipas Angin Jarang Dibersihkan

Kipas angin yang sering dipakai harus rajin dibersihkan karena ketika kipas angin berputar, akan menyerap debu-debu yang ada di dalam ruangan. Jika debu-debu itu tidak dibersihkan, lama-lama akan menumpuk dan membuat angin yang dihasilkan oleh kipas angin tidak maksimal dan menjadi kotor.

source: https://image.freepik.com/free-photo/fan-dirty-with-dust-dead-insects_43485-1.jpg
baca juga

Bahaya Kipas Angin Jarang Dibersihkan

Kipas angin yang jarang dibersihkan akan menyimpan debu di dalamnya. Jika angin tersebut berhembus, maka debu-debu yang menempel di kipas angin akan tertiup dan dihirup oleh orang yang ada di ruangan. Hal tersebut dapat membahayakan saluran pernapasan, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Membersihkan kipas angin memang agak sulit dalam pengerjaannya, namun hal tersebut harus dilakukan agar keluarga terhindar dari berbagai penyakit.

source: https://farm9.staticflickr.com/8166/7168368212_e34026df00_b.jpg

Dampak Buruk Kipas Angin Kotor pada Anak

Pada anak, alergi dan infeksi saluran pernapasan lebih sering terjadi dikarenakan anak-anak masih sensitif dan rawan terserang penyakit. Selain itu, udara yang mengandung debu karena kipas angin jarang dibersihkan dapat menyebabkan anak terkena penyakit astma atau kesulitan dalam bernafas. Sebaiknya Moms rutin membersihkan kipas angin agar si kecil terhindar dari bahaya penggunaan kipas angin kotor.

source: https://www.childrens.com/wps/wcm/connect/childrenspublic/6ed84c56-3b8e-4ba6-bf5c-f06a60c2051b/shutterstock_130717649_800x480.jpg?MOD=AJPERES&CVID=
baca juga

Penyakit yang Muncul Akibat Kipas Angin Kotor

Debu yang menempel pada kipas angin jika terhirup dapat menyebabkan penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), astma, dan penyakit pada paru-paru. Debu tersebut juga bisa membuat mata menjadi perih, alergi, serta nyeri dan kram pada otot. Sebaiknya Moms dan keluarga segera menghentikan penggunaan kipas angin yang berlebihan atau terlalu dekat dengan badan dan wajah jika sudah timbul tanda-tanda penyakit diatas.

source: https://www.todaysparent.com/wp-content/uploads/2017/02/signs-your-kid-may-not-need-a-sick-day-1024x576-1495724803.jpg

Demikian bahaya kipas angin kotor bagi anak dan keluarga. Semoga bermanfaat Moms!