Cara Membuat Anak Pintar dan Rajin Belajar

Masuki Dunia Anak

Salah satu cara yang paling mendasar dalam memberikan pengajaran kepada si kecil yaitu dengan memasuki dunia anak. Anak-anak memiliki cara berpikir dan cara mengekspresikan apa yang merka inginkan yang tidak sama dengan orang dewasa. Untuk memahami jalan berpikir anak, orangtua harus tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan anak. Orangtua harus selalu berada di sisi anak kapanpun dan dimanapun untuk mengenal anak luar dalam. Dengan begitu, Moms dan Dads lah yang akan paling mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan si kecil.

source: http://abclearningcenterfl.com/wp-content/uploads/2015/02/Things-Children-Learn-From-Preschool.jpg

Berikan Waktu untuk Anak Lakukan Hobinya
Setiap anak memiliki ketertarikan yang berbeda terhadap sesuatu. Ada yang suka menggambar, bermain diluar, menyusun barang, memasang puzzle, dan lain-lain. Biarkan anak berekspresi melalui apa yang mereka sukai. Namun, Moms dan Dads tetap harus mengawasi dan menjaga si kecil ya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan hobi si kecil dapat dimaksimalkan dengan baik.

source: https://gaijinpot.scdn3.secure.raxcdn.com/app/uploads/sites/4/2015/04/child-learning.jpg
baca juga

Buat Jadwal Belajar
Selain memberikan waktu kepada si kecil untuk melakkan hobinya, memberikan mereka jadwal belajar juga ternyata penting lho Moms! Si kecil harus tahu kewajiban dan tanggung jawab yang mereka miliki, terutama untuk si kecil yang sudah memasuki usia sekolah. Memberikan jadwal belajar juga harus sesuai dengan karakteristik si kecil. Berikan jadwal dan cara belajar sesuai dengan tipe belajar anak. Ada tipe belajar kinestetik, auditori, dan visual. Oleh karena itu, Moms dan Dads harus mengeal tipe belajar anak dengan sangat baik.

source: https://www.mykentfamily.co.uk/_media/img/750x0/ZTFFVSO7Y0QLFH3WSF1Y.jpg

Beri Pujian
Saat si kecil bisa melakukan hal baru, jangan lupa beri mereka pujian. Karena pujian yang mungkin Moms anggap biasa saja, akan berdampak sangat positif terhadap perkembangan si kecil. Mereka akan menganggap bahwa apa yang mereka lakukan itu merupakan sesuatu yang baik dan benar. Oleh karena itu, mereka akan melakukan hal tersebut dengan lebih baik lagi. Dengan memberikan pujian terhadap anak juga akan menambah rasa percaya diri anak untuk melakukan sesuatu yang baru.

source: https://curiousworld-static-files.s3.amazonaws.com/blog/bigstock--165818507.jpg
baca juga

Berikan Dukungan dan Kata-kata Motivasi
Jika anak mengalami kegagalan, jangan memarahi atau malah membuatnya menjadi lebih down. Berikan dukungan dan kata-kata motivasi agar anak kembalu percaya bahwa dirinya bisa melakukan yang lebih baik. Bukan hanya ketika gagal, kata motivasi dan dukungan akan sangat menambah semangat anak dalam melakukan sesuatu yang baik, karena mereka akan menganggap bahwa orangtua mereka peduli terhadap apa yang mereka kerjakan. So, Moms dan Dads selalu beri dukungan terhadap si kecil ya, apapun yang terjadi!

source: http://totallytutoringutah.com/wp-content/uploads/2016/04/o-parent-child-reading-facebook1.jpg

Demikian beberapa cara yang dapat membuat anak agar menjadi pintar dan rajin belajar. Semoga bermanfaat ya Moms, Dads!