Pada umumnya anak mulai belajar untuk calistung (baca tulis hitung) saat mereka memasuki usia 3 tahun, karena usia tersebut adalah usia emas lantaran perkembangan otak sedang aktif-aktifnya sehingga si kecil mudah menyerap informasi. Nah, kalau moms punya anak usia tersebut, coba deh beberapa cara membuat anak pintar membaca berikut ini, supaya si kecil cepat bisa membaca.

Jadikan Membaca Sebagai Aktivitas Sehari-hari

Di sini moms nggak perlu kok menyediakan waktu khusus selama berjam-jam khusus untuk belajar membaca. Namun membuat kebiasaan membaca pada anak dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan di pagi hari saat sarapan, coba deh minta si kecil membaca dan mengeja kata-kata yang terdapat di kemasan makanan.

Mulai dari nama produk hingga penjelasan instruksi cara memasak makanan tersebut. Atau saat sedang bepergian, minta si kecil untuk mengamati dan juga membaca papan iklan, nama gedung, hingga petunjuk jalan.

source: https://www.rd.com

Dekatkan Anak Dengan Buku

Nggak ada cara terbaik untuk mengajar anak belajar membaca selain dengan buku. Mulailah untuk mengoleksi buku-buku bergambar yang penuh warna untuk si kecil. Saat akan tidur atau di sela-sela waktu luang moms bisa membacakan buku tersebut sambil mengajar si kecil membaca. Selain itu biasakan untuk selalu membawa buku saat bepergian. Jadi si kecil bisa mengisi waktu luangnya selama perjalanan dengan membaca.  

Ceritakan Dongeng Anak Sebelum Tidur

source: https://www.friendshipcircle.org

Agar anak terbiasa dengan proses belajar membaca ini, sediakan waktu khusus membaca dongeng sebelum tidur. Cukup sediakan waktu 15 hingga 30 menit untuk sesi membaca dongeng sebelum tidur. Moms bisa memilih buku dongeng seperti kisah Disney, atau dongeng-dongeng populer lain favorit si kecil. Dengan melihat orang tua membaca maka si kecil juga akan ikut tertarik dalam membaca buku.

baca juga

Bermain Scrabble

source: https://www.bbc.co.uk

Salah satu permainan klasik ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan linguistik si kecil. Dengan bermain scrabble ia bisa menambah kosa kata dan makin pintar dalam mengeja kata. Semakin si kecil pandai mengeja kata maka makin lancar pula proses belajar membacanya.