Bahkan, banyak pula yang mengonsumsi buah jeruk purut ini sebagai bahan untuk minuman yang segar dan menyehatkan. Siapa sangka, buah jeruk purut ada yang betina dan jantan, lho. Ini dia perbedaan dan manfaat dari buah jeruk purut betina dan jantan yang harus Mommy pahami.

Jeruk Purut

source: https://www.ngopy.com/


Jeruk purut merupakan salah satu varian jeruk yang memiliki tekstur luar khas dengan kerutan pada kulitnya. Sama seperti buah jeruk pada umumnya, jeruk purut memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk menyehatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga cukup banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam bumbu masakan dan sajian olahan minuman segar.
 


Beda Jeruk Purut Jantan Dan Betina
 

source: http://www.cakapcakap.com/


Perlu diketahui, jeruk purut memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu jeruk purut jantan dan betina. Keduanya ternyata berbeda satu sama lain. Salah satu yang membedakannya adalah keasamannya di mana jeruk purut jantan cenderung lebih asam dibandingkan dengan jeruk purut betina. Untuk membedakannya, Mommy dapat melihat bulatan kecil di bawah jeruk, jika besar itu adalah jeruk betina. Sedangkan jika bulatan itu kecil, itu adalah jeruk jantan. 
 

baca juga


Ciri Jeruk Purut Jantan
 

source: https://www.bukalapak.com/


Jika Mommy sedang mencari buah jeruk purut jantan, ada dua cara untuk dapat mengidentifikasi jeruk purut jantan, diantaranya :

  1. Periksa bulatan di bawah jeruk, jika kecil itu adalah jeruk purut jantan. Sedangkan jika besar itu adalah jeruk purut betina.
  2. Tekan tekstur kulit jeruk. Jika kulit terasa keras, itu adalah jeruk purut jantan. Sedangkan jika lembut itu adalah jeruk purut betina.


Khasiat Jeruk Purut Jantan
 

source: https://kuliner.cahiya.com/


Lalu, apakah sebenarnya khasiat dan manfaat dari jeruk purut jantan? Selain menambah kesegaran dari olahan masakan rumah, jeruk purut jantan juga memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan kerja dari sistem metabolisme tubuh
  2. Menjaga kesehatan area mulut, termasuk gigi
  3. Memperlancar sistem pencernaan
  4. Minuman detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.
baca juga

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat dari jeruk purut jantan yang wajib untuk Mommy tahu. Jadi, jangan lewatkan olahan masakan dan minuman dari varian jeruk ini, Moms!