Jenis Kerang Penghasil Mutiara

Ternyata ada banyak kerang penghasil mutiara yang ada di laut maupun di perairan air tawar. Kerang-kerang laut tersebut antara lain:

  1. Pinctada maxima
  2. Pinctada margaritifera
  3. Pinctada fucata
  4. Pteria penguin
Meskipun jenis kerang penghasil mutiara itu banyak, untuk kali ini kita akan bahas kerang yang paling populer untuk dibudidayakan ya, Moms.

Kerang Mutiara Pinctada maxima

Pinctada maxima merupakan salah satu jenis tiram penghasil mutiara yang mempunyai nilai ekonomis paling tinggi dan ukuran paling besar. Di pasaran internasional, mutiara yang diproduksi sering kali disebut dengan nama South Sea Pearl. Pembudidayaan mutiara dengan menggunakan kerang ini paling banyak di daerah Maluku, Indonesia. Sebagaimana daerah tersebut memiliki kekayaan laut non ikan berupa kerang mutiara yang sangat banyak. Tak heran banyak sekali perusahaan budidaya mutiara disana. Yuk kita kenali ciri-ciri kerang ini.

baca juga

Ciri-Ciri Kerang Pinctada maxima


Meskipun terlihat sama dengan kerang penghasil mutiara lainnya, namun Pinctada maxima bisa Moms dan Dads bedakan dengan mengenal ciri-ciri seperti ini:
  1. Bentuk, kerang ini memiliki diameter dorso-ventral dan anteriorposterior hampir sama sehingga bentuknya agak bundar.
  2. Punggung Cangkang, berbentuk datar dan panjang serta dihubungkan oleh semacam engsel berwarna hitam.
  3. Warna cangkang, bervariasi dengan warna dasar kuning pucat, kuning tua atau kuning kecoklatan, coklat kemerahan, merah anggur dan kehijauan.
  4. Tekstur cangkang, bagian luar cangkang terdapat garis-garis radier yang menonjol seperti sisik, berwarna lebih terang dari warna dasar cangkang.
  5. Ukuran, lebih besar dibandingkan spesies lain.
Setelah mengetahui ciri-cirinya, saatnya kita ketahui juga habitat dari kerang ini ya, Moms.

Habitat Kerang Pinctada maxima

Ternyata, habitat hidup kerang Pinctada maxima ini beragam Moms. Tempat hidupnya mulai dari perairan dangkal dengan dasar perairan berpasir, atau pasir berkarang yang ditumbuhi tanaman lamun sampai laut dalam berkarang. Umumnya hidup menempel pada karang. Ditemukan juga di perairan laut dalam dengan substrat bersedimen di daerah yang berdekatan dengan landas kontinen dan paparan pulau, dimana airnya agak keruh.

Setelah mengetahui kerang Pinctada maxima sebagai kerang laut penghasil mutiara, kita kenalan juga sama kerang air tawar yang menghasilkan mutiara.

baca juga

Kerang Air Tawar Penghasil Mutiara

Tak hanya kerang laut yang dapat menghasilkan mutiara, kerang yang berasal dari perairan air tawar pun bisa. Adapun jenis-jenisnya seperti:

  1. Margaritifera margaritifera
  2. Hyriopsis cumingii
  3. Cristaria plicata
Biasanya kerang mutiara air tawar ini dibudidayakan atau tumbuh secara liar di beberapa tenpat seperti sungai-sungai, rawa dan danau. Kedalaman air tempat optimal baginya pada kedalaman antara 0,5 m s/d 2 meter, dasar perairan yang didominasi kerikil dan pasir sangat baik untuk perkembangan hidup kerang mutiara tawar ini, karena jika dasar perairan didominisasi oleh lumpur maka aliran lalu lintas pasokan oksigen di dasar perairan menjadi kurang lancar distribusinya.

Ciri-Ciri Kerang Mutiara Air Tawar

Ini dia ciri-ciri kerang mutiara air tawar, seperti

  1. Cangkang nacre yang tebal, nacre adalah istilah dalam kekerangan yang artinya induk/ibu dalam lapisan mutiara.
  2. Siklus produksi, dalam 1 (satu) induk tubuh kerang dapat menghasilkan 5-7 butir hingga belasan butir mutiara air tawar.
  3. Warna cangkang, berwarna coklat kekuningan, pada umur kerang muda berwarna gelap yang mengidentifikasikan patokan umur dari kerang tersebut.
Nah itu dia Moms kerang-kerang penghasil mutiara, semoga bermanfaat.