Adapun jenis kanker yang sering terjadi pada anak-anak yaitu leukimia atau kanker darah (sekitar 70 persen), tumor otak, kanker getah bening dan neuroblastoma. Umumnya, gejala kanker pada anak ini berbeda dengan gejala yang dialami oleh orang dewasa. 

 

1) Pucat, Lesu dan Kelelahan

Jika anak tampak pucat, kelelahan dan tanpa energi yang disertai dengan demam yang tidak diketahui penyebabnya, infeksi berulang dan mengalami perdarahan seperti memar, gusi berdarah dan mimisan, maka segera periksakan kondisi anak ke dokter. Karena hal ini merupakan gejala awal kanker pada anak. 
 

source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

2) Demam Terus Menerus dan Berulang

Waspadalah jika anak menunjukkan gejala demam yang berkepanjangan atau berulang selama 2 minggu tanpa diketahui penyebabnya. Lalu diikuti dengan penurunan berat badan, tak ada energi, berkeringat di malam hari, pucat, memar, nyeri tulang, dan pembengkakan pada kelenjar. 
 

source: https://www.roswellpark.org


 

3) Anoreksia

Coba perhatikan perubahan pola makan anakmu. Kalau ia menolak makan alias mengalami anoreksia dan berat badannya menurun secara drastis, maka segera bawa untuk memeriksakan diri ke dokter. Ada 2 kemungkinan penyebab anoreksia ini, yaitu karena gangguan psikologis dan gejala kanker. 

 

source: http://www.healthline.com


 

baca juga

4) Sakit Kepala

Sakit kepala memang umum dialami anak-anak. Namun, apabila sakit kepala dirasakan terlalu sering terutama di pagi hari saat anak bangun tidur, maka segera periksakan dirinya ke dokter, untuk mengetahui kondisi yang dialaminya. 

source: http://think.kera.org


 

5) Limfadenopati

Limfadenopati merupakan pembengkakan kelenjar getah bening sehingga menimbulkan rasa nyeri dan benjolan. Limfadenopati ini termasuk salah satu gejala kanker lho, Moms!

source: http://www.healthline.com


 

6) Muntah

Muntah secara terus menerus dan selalu berulang, dan diikuti dengan sakit kepala dan nyeri bagian perut juga menjadi salah satu gejala yang dicurigai kanker. So, segeralah bertindak cepat kalau menemukan kondisi ini pada anak ya, Moms!

 

source: http://mamaplus.md


 

7) Sakit Punggung

Nyeri atau sakit punggung jarang sekali dialami anak-anak. Kalaupun anak mengalaminya, maka itu karena ia membawa beban terlalu berat dalam ranselnya sehingga mencederai punggung. Kamu perlu curiga apabila anak mengeluh sakit punggung yang tertahankan di malam hari dan disertai dengan demam. Segera periksakan kondisi anak ke dokter untuk mengetahui penyakit yang sedang dideritanya. 

source: http://my22health.com