Ada banyak lho menantu yang hubunggan enggak rukun dengan sang mertua. Itu karena menganggap mertua terlalu ikut campur dan mengganggu urusan rumah tangga anaknya. Tapi tahukah kamu, Moms, menurut ahli, menantu yang enggak akur atau sering bermasalah dengan mertuanya, juga sering bermasaah dengan ibu kandungnya. Entah hal ini benar atau tidak. 

Namun, alangkah baiknya jika kamu memiliki hubungan baik dengan mertua, karena hal itu adalah berkah. Jika hubungan kalian baik, maka kamu bisa meminta bantuan mertua dalam menyelesaikan konflik rumah tanggamu dengan suami. Untuk bisa dekat dengan mertua, tentu saja kamu harus mengambil hatinya terlebih dahulu. Kalau misimu itu sukses, maka mertua akan jadi sayang padamu. 

Nah, begini tips mertua yang perlu kamu terapkan: 

 


 

1) Teruslah Mengajak Mertua Berkomunikasi


Jangan diam saja kalau mertua sedang berada di dekatmu. Ajaklah ia berkomunikasi secara aktif, tapi hindari berbasa-basi ya, Moms! Karena mertua akan tahu membedakan kesungguhanmu mengajaknya mengobrol dengan sekedar basa-basi. Kalian bisa membicarakan apapun, misalnya aktivitasnya, hobi dan hal-hal yang disukai mertua. Jadilah pendegar aktif kalau misalnya mertuamu tergolong orang yang suka berbicara. 

 

source: https://www.glamour.com


 

baca juga

2) Hargai Mertuamu

Even dragons have their pleasant side! So, mertuamu pasti punya sisi baik dan kelembutan. Jangan memperlihatkan sikap tidak hormat saat bertemu dengannya, dan lakukanlah hal-hal yang dimintanya kepadamu dengan tulus dan senang hati. Mertuamu pasti dapat menilai kalau ternyata anak menantunya ini baik hati dan penurut. 

 

source: http://www.grandparents.com

 

3) Minta Saran


Coba ambil hati mertua dengan meminta saran, misalnya saat akan memasak makanan untuk suami dan keluarga. Tanyakan kira-kira bagaimana memasak makanan favorit suami dan minta ia membagi rahasianya padamu. Kalau perlu, mertua ke dapur untuk mengajarimu. Dengan melakukan aktivitas memasak bersama ini, maka tanpa disadari kalian akan bertambah dekat. 

 

source: https://www.boldsky.com


 

baca juga

4) Berkunjunglah ke Rumah Mertua


Bagaimana mertua sayang padamu kalau kamu jarang mengunjunginya? Meski tak ada suami menemani, kamu tetap perlu mengunjungi mertuamu. Jangan lupa bawakan sesuatu seperti makanan, agar merasa diperhatikan oleh menantunya sendiri. Selain itu, ketika kamu memiliki anak, maka bawalah anak ikut serta saat berkunjung. Mertuamu pasti senang!
 

source: http://www.huffingtonpost.com


 

5) Ajak Mertua Bercanda

Keakraban kalian akan semakin terlihat jika kamu bisa bercanda dangan mertuamu. Mungkin hal ini baru bisa kamu lakukan kalau benar-benar sudah merasa dekat dengan mertua. Kalau ia tertawa menanggapi candaanmu, atau bercanda balik padamu, maka itu tandanya mertua telah 'menerimamu'. 

 
source: http://family.lovetoknow.com


Good luck ya!