Toksoplasmosis


Toksoplasmosis adalah penyakit akibat infeksi parasit. Penyakit ini dapat menyebabkan masalah serius bagi bayi bahkan keguguran. Jika ibu hamil terinfeksi di trimester pertama, maka bayi berisiko mengalami kerusakan pada mata atau organ lain, salah satunya otak.

Untuk mencegah penyakit ini maka kamu harus selalu mencuci tangan sebelum makan. Makanan seperti buah dan sayuran juga harus dicuci sebelum dikonsumsi. Hindari pula melahap daging mentah saat hamil.

 

source: https://thedeliberatemom.com


 

Rubella

Jika kamu terpapar virus rubella selama hamil, maka akan menyebabkan bayimu cacat lahir dan gangguan perkembangan. Paling parah ibu hamil bisa keguguran. Gejala yang ditunjukkan apabila terkena rubella adalah demam ringan, sakit kepala, pembengkakan pada kelenjar getah bening, nyeri sendi, mata memerah dan juga pilek selama satu sampai lima hari sebelum ruam muncul.

Karena itu, ada baiknya kamu mendapatkan vaksin rubella sebelum hamil untuk mencegah penyakit ini terjadi. 

 

source: http://thestir.cafemom.com


 

baca juga

Herpes simplex

Jika kamu terkena virus ini, maka akan mengendap dalam kumpulan saraf di dekat tulang belakang selamanya. Penyakit ini juga akan tertular kepada pasangan lewat hubungan intim dan berisiko menginfeksi bayi selama persalinan. Herpes simplex adalah virus langka yang sangat berbahaya. Setiap bayi yang terinfeksi virus ini akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius. 

source: https://akasugu.fcart.jp


 

Hepatitis B


Hepatitis B adalah virus yang menular melalui darah, sperma dan cairan tubuh lainnya. Karena itu, selama hamil kamu wajib berhati-hati mengenakan barang milik orang lain, seperti sikat gigi dan pisau cukur. Kedua benda ini bisa jadi media penularan lho.

Ibu hamil yang terkena hepatitis B biasanya akan menunjukkan gejala kelelahan, sakit perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, nyeri sendi dan sakit kuning. Jika tidak ditangani dengan tepat, kemungkinan kamu bisa menularkan virus kepada bayi saat proses persalinan. 
 
source: http://www.macleans.ca


 

baca juga

Cacar Air


Mungkin penyakit ini tampak sepele, tapi kalau mengenai ibu hamil, maka dampaknya bisa berbahaya. Penyakit ibu hamil yang sering terjadi ini dapat membuat bayi lahir cacat, kerusakan penglihatan, masalah pada syaraf hingga kematian, terutama jika ibu hamil terinfeksi di kehamilan trimester ketiga. So, tingkatkan kewaspadaanmu ya, Moms!

source: http://www.praticasalternativas.com