Down Syndrome adalah suatu kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental anak yang diakibatkan adanya abnormalitas perkembangan kromosom yang berbeda dengan anak autis seperti yang dipersepsikan kebanyakan orang. Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan. Lantas, hal ini tak menghalangi anak- anak ini untuk dapat berprestasi, yuk cek siapa saja mereka?

1. Stephanie Handojo

Gadis penyandang down syndrome ini banyak sekali menorehkan prestasi di daam negeri maupun kancah internasional. Prestasi Stephanie diantaranya tahun 2011, Stephanie menyabet medali emas cabang olahraga renang di ajang Special Olympics World Summer Games di Athena, Yunani. Selanjutnya ia juga mendapatkan  medali emas cabang olahraga renang di ajang Special Olympics Asia-Pacific 2013 di Newcastle, Australia.Tidak sampai di situ, Stephanie juga dipilih sebagai pembawa obor Olimpiade London 2012. Sungguh membanggakan ya Moms. 

source: http://1.bp.blogspot.com


 

2. Michael Rosihan Yacub

Sungguh luar biasa! Siapa sangka anak down syndrome, Michael Rosihan Yacub ini bisa meraih prestasi yang sangat membanggakan Indonesia. Michael Rosihan Yacub meraih rekor MURI sebagai satu-satunya pegolf penyandang down syndrome di Asia. Hebat sekali Michael!

source: http://wanitaindonesia.co.id/images


 

baca juga

3. Samuel Santoso

Anak down syndrome yang tak kalah membanggakan lainnya adalah Samuel Santoso yang berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai pelukis penyandang down syndrome pertama yang menggelar 50 karya lukisan di pameran yang ia gelar sendiri. 

source: https://www.ibudanmama.com


 

4. Reviera Novitasari

Siapa sangka anak down syndrome juga bisa menorehkan prestasi yang luar biasa. Hal tersebut ditunjukkan oleh Reviera Novitasari yang berhasil mendapatkan medali perunggu pada perlombaan renang gaya dada dengan jarak 100 meter kejuaraan renang internasional di Canberra, Australia, pada 11-13 April 2008. 

 

source: http://3.bp.blogspot.com