Manfaat Daun Katuk

Katuk adalah sejenis sayuran dengan nama latin Sauropus adrogynus dan termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae. Sejak jaman dahulu, katuk sudah dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Biasanya bagian yang dimanfaatkan adalah daunnya. Salah satu manfaat yang paling populer adalah kemampuannya sebagai pelancar ASI. Ternyata selain sebagai pelancar ASI, daun katuk memiliki manfaat lain lho, Moms seperti:

  1. Mencegah anemia
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Menjaga kesehatan mata
  4. Meningkatkan vitalitas pria
  5. Menjaga kesehatan tulang
  6. Mengobati luka
Wah banyak sekali ya Moms,. Eits... tenyata masih ada lagi lho manfaatnya. Keep on reading ya, Moms!

Manfaat Daun Katuk untuk Kecantikan

Moms, ternyata kandungan klorofil yang ada di dalam daun katuk paling tinggi lho dibandingkan tanaman lokal lainnya. Memangnya kenapa kalau kandungan klorofilnya tinggi? Kandungan klorofil yang tinggi mengindikasikan bahwa daun katuk memiliki antioksidan dalam jumlah yang besar. Jika berbicara tentang antioksidan pastinya langsung nyambung sama kecantikan kan Moms.

Ya, benar sekali, karena kandungan antioksidannya tinggi, daun katuk sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan penuaan dini lho, Moms. Keren kan, Moms?

baca juga

Manfaat Daun Katuk untuk Wajah

Setelah Moms tahu bahwa daun katuk dapat mencegah radikal bebas dan penuaan dini dari dalam. Namun nyatanya, masalah kulit yang lain masih saja muncul. Oleh karena itu perawatan luar dan dalam sangat penting untuk dilakukan. Memangnya apa masalah kulit yang dapat diatasi dari luar dengan daun katuk? Dan bagaimana caranya?

1. Daun Katuk untuk Atasi Flek Hitam dan Bekas Jerawat

Flek hitam dan bekas jerawat sudah tidak asing lagi ya Moms di telinga. Flek hitam dapat disebabkan oleh macam-macam hal, mulai dari sinar matahari, bekas jerawat, penggunaan antibiotik yang berlebihan hingga pengunaan kosmetik yang memiliki kandungan merkuri dan asam salisilat. Jika Moms sudah terlanjur memiliki flek hitam atau bekas jerawat membandel, enggak perlu pusing Moms, pakai saja daun katuk.

baca juga

2. Cara Alami Atasi Flek Hitam di Wajah dengan Daun Katuk

Bagaimana mengaplikasikannya?

  1. Dijadikan masker, Moms bisa menumbuk beberapa helai daun katuk yang sudah dibersikan kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Aplikasikan secara merata pada seluruh wajah, diamkan 10-15 menit, lalu bilas.
  2. Langsung dioleskan, jika Moms tidak ada waktu untuk menumbuk, Moms enggak perlu khawatir. Moms dapat mengambil beberapa helai daun katuk yang bersih, lalu remas hingga daun menjadi layu dan berair. Kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan 10-15 menit, lalu bilas.
Mudah bukan, Moms? Karena ini cara alami, tentunya hasil yang didapatkan tidak langsung instant ya, Moms. Lakukan minimal seminggu dua kali untuk hasil yang nyata. Selamat mencoba!