Moms sudah pernah dengar tentang buah Matoa ? mungkin nama buat ini masih terasa asing di telinga kita, buah matoa adalah buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. 

Walaupun buah ini khas dari Papua tapi buah Matoa juga banyak tumbuh di daerah Indonesia lainnya, salah satunya buah Matoa Kalimantan yang sering disebut kungkil. Rasa buah Matoa tergolong unik karena bisa berubah. Ada yang buah Matoa rasa durian ada pula rasa rambutan, selain enak buah ini bermanfaat untuk ibu hamil loh yuk simak di sini.

source: http://bibittanamanbuah.com

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah Matoa untuk ibu hamil pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Wanita yang hamil sangat rentan terhadap berbagai penyakit, karena itu sistem kekebalan tubuhnya harus dijaga agar janin dalam perut juga sehat. Nah, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah matoa dapat mencegah radikal bebas dan membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Buat matoa ternyata juga mengurangi risiko penyakit jantung pada ibu hamil. Masih tentang kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya yang bisa mengurangi serangan jantung. 
Sangat berbahaya bukan bila ibu hamil terserang penyakit jantung. Padahal wanita yang sedang hamil tidak diperbolehkan minum obat yang mengandung bahan kimia tinggi. Jadi, buah Matoa sangat cocok dikonsumsi sebagai pengurang risiko penyakit jantung.

source: http://firstcryparenting.com

Mengatasi Stres

Manfaat buah Matoa bagi ibu hamil berikutnya untuk mengatasi stres. Wanita yang sedang hamil kadar hormon dalam tubuh menjadi tinggi dan emosi nggak stabil. Suasana hati yang 
kadang baik dan kadang memburuk bisa mengakibatkan stres. Hal ini dapat mengganggu kesehatan si buah hati, nah dengan mengonsumsi buah Matoa dapat mengatasi stres pada 
ibu hamil karena kandungan vitamin E dalam buah ini mampu menenangkan secara alami suasana hati. Caranya cukup memakan buah Matoa matang setiap hari dengan jumlah yang terbatas.

Menyehatkan Kulit

Wanita hamil selain dapat terserang berbagai virus penyakit juga mengalami masalah pada kulitnya. Kulit yang tidak sehat seperti kusam, kering ataupun berminyak sering dialami pada saat hamil. Buah matoa dapat menyehatkan kulit. Kandungan vitamin E selain dapat mengurangi stres bisa digunakan untuk melembabkan dan menyehatkan kulit.

Mengurangi Risiko Kanker 

Kandungan antioksidan pada buah matoa dapat membantu mencegah sel kanker yang tumbuh dan berasal dari karsinogen sehingga dengan mengonsumsi buah matoa secara teratur, ibu hamil dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Nah itu dia Moms manfaat buah Matoa buat ibu hamil, tapi bukan cuma buat ibu hamil saja loh buah Matoa juga bermanfaat untuk kesehatan kita semua.