1) Buatlah Aturan dengan Mengajak Anak Berdiskusi Bersama

Tips mendidik anak remaja yang pertama adalah coba libatkan anak saat membuat peraturan di rumah. Apabila anak ikut diajak serta, maka ia akan mematuhi aturan tersebut, karena sudah dibuat dengan kesepakan bersama dan seadil-adilnya. Aturan adalah aturan sehingga kalau dilanggar maka ada konsekuensinya.

Selain itu, berikan tanggung jawab dan kepercayaan kepada anak dalam mematuhi aturan. Misalnya, ketika meminta izin keluar dari rumah dan hangout bersama teman-temannya, maka berikan izin dan minta anak segera pulang setelah acara mereka selesai. Jangan lupa berikan pujian apabila anak telah mematuhi aturan yang sudah disepakati. 

 

source: https://id.pinterest.com


 

2) Hindari menjadi Helicopter Parents

Salah satu hal yang membuat anak remaja menjadi pembangkang dan nakal karena ulah orangtuanya sendiri. Misal, orangtua selalu mengawasi anak dan tidak memberikan ruang bebas untuknya dalam bergaul atau dikenal dengan helicopter parents. Anak yang memiliki tipe orangtua seperti ini akan merasa tidak dihargai dan tidak dipercaya, sehingga ada suatu waktu ia menjadi muak dan melakukan hal-hal buruk. Jadi, Moms jangan selalu mengawasi ataupun menguntit anak karena ia tidak akan merasa nyaman. 

 

source: http://4mama.ua


 

baca juga

3) Terapkan Komunikasi yang Lancar dengan Anak

Cobalah luangkan waktu di akhir pekan untuk mengajak anak berjalan-jalan berdua saja atau melakukan hal rileks seperti jalan-jalan ke mal, nongkrong di coffee shop, berlibur dan sebagainya. Dengan melakukan hal-hal ini maka kamu dan anak remajamu akan semakin terbuka untuk saling berkomunikasi. Komunikasi itu penting untuk meningkatkan ikatan dan rasa percaya kalian.

Nah, di sela-sela aktivitas rileks kalian, singgunglah tentang harapanmu agar anak menjadi pribadi yang lebih baik dan berikan pujian mengenai hal-hal baik yang telah dilakukannya. 

 

source: http://www.goodtoknow.co.uk


 

4) Jadilah Contoh yang Baik

Anak mempelajari semua hal dari orangtuanya, baik itu hal yang baik atau buruk. Karena itu, jadilah role model yang baik untuk putra atau putrimu. Contohkanlah hal-hal positif dalam setiap perilakumu sehari hari, baik ketika berinteraksi dengan suami ataupun anak dan orang-orang yang kamu temui setiap hari. Dengan demikian, anak akan meniru caramu dan lambat laun menjadi terbiasa melakukan hal-hal positif dalam kehidupannya. 

 

source: http://relationshipbasedparenting.com


 

baca juga

5) Minta Bantuan atau Nasehat dari Ahli untuk Mengatasi Kenakalan Anakmu

Jika ternyata, kamu sudah melakukan segala tips mendidik anak remaja yang nakal, namun putra atau putrimu belum berubah juga, maka cobalah meminta bantuan ahli atau psikolog untuk menangani masalah dalam diri anakmu. Biasanya para ahli memiliki trik jitu sendiri dalam menangani remaja bermasalah sesuai dengan karakter anak masing-masing. Jangan lupa untuk mendaampingi dan memberi support kepada anak dalam memulai dan menjalani sesi konselingnya tersebut. 

Good luck!

source: http://www.shiltontherapy.com