Step One

Langkah awal yang bisa kamu lakukan sebelum mengajarkan anak berjalan adalah membuatnya merangkak terlebih dahulu. Mengapa? Karena dengan merangkak, otot anak kamu akan terbiasa untuk merasakan beban otot untuk menggerakan tubuhnya sendiri tanpa bantuan.

So, kamu bisa membiarkan anak kamu untuk merangkak ke tempat yang ia inginkan, Eits! Tentunya dalam pengawasan kamu yah beautynesian. 
 

source: http://www.adajerawat.com/



 

baca juga

Step Two

Berikan rangsangan berdiri dengan membantu anak kamu untuk berdiri tegak. Caranya cukup mudah kok! Pertama bantu anak kamu untuk berdiri dengan memengang kedua tanganya.

Pada proses ini, anak kamu akan belajar untuk berdiri dengan kedua kakinya dengan mantap. So, biarkan anak kamu berdiri selama yang ia kuat, jika dia terjatuh maka biarkan dia untuk mencoba bangkit sendiri dari posisi jatuhnya.
 
source: http://www.adajerawat.com/


Tips 1 : Lakukan proses latihan ditempat yang empuk agar anak kamu tidak terlukan ketika terjatuh.

Tips 2 : Pancing anak kamu dengan mainan favoritnya atau ajak dia untuk memindahkan barang.


 

Step Three

Jika anak kamu mulai terbiasa untuk berdiri sendiri, maka biarkan dia untuk mencoba berjalan sendiri dengan cara mengajaknya untuk berjalan dengan berpegangan dengan benda-benda disekitarnya. Jika anak kamu terjatuh, biarkan dia untuk bangkit dari kegagalannya.
 
source: https://www.youtube.com/watch?v=ooNEVi5qm7k


Tips 1 :
Berikan bumper (pelindung) kesekitar tempat latihannya agar anak kamu terhindar dari benjol atau keseleo saat berlatih. 

Tips 2 :
Latihan bisa kamu berikan selama 30 menit perhari.


 

baca juga

Step Four

Jika kamu memiliki kolam berenan anak atau kolam pelastik, ajak anak kamu untuk berenang. Mengapa? Karena dengan berenang anak kamu akan mencoba untuk melatih motoriknya dengan lebih mudah didalam air.
 

source: http://www.ryde.nsw.gov.au/


Tips :
Berikan mainan aman seperti bola plastik atau mainan yang dia suka agar anak kamu akan termotivasi untuk meraih mainnanya didalam air.

Tips 2 :
Usahakan air kolam berenang tidak melebihi tinggi anak kamu.


 

Step Five

Mengajari anak berjalan tentunya bukan hal yang cukup mudah lho beautynesian. Selain membutuhkan usaha dan waktu, kamu juga harus memberikan motivasi yang baik kepada sang buah hati.

Memberikan motivasi cukup mudah kok beautynesian, kamu bisa mulai dari memujinya setelah berhasil berjalan hingga memberikan hadiah makanan seperti biskuit atau memacingnya dengan mainan favoritnya ketika berlatih.
 

source: http://www.dr-kong.com.hk/

Apakah bukan lebih mudah jika anak berlatih berjalan dengan baby walker? No! Baby walker dapat mengganggu metabolisme pertumbuhan kaki anak kamu. So! Gimana tips mengajarkan anak berjalan kali ini? Mudah bukan?