Permainan Bayi Usia 9 Bulan Ke Atas: Boneka Tangan

Meski tampak sederhana namun boneka tangan ternyata sangat bermanfaat lho. Terutama dalam merangsang daya imajinasi si kecil. Untungnya saat ini sudah banyak boneka tangan yang tersedia. Ada yang bentuk karakter kartun, binatang, bunga, dan masih banyak lainnya. Selain membeli, Moms juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kain flanel. Nah, masukkan boneka tangan ke tangan Moms, lalu gerak-gerakkan di depan si kecil sambil bercerita. Selain meningkatkan imajinasi, permainan bayi usia 9 bulan ini juga bisa merangsang kemampuan bahasa bayi. 
 
source: https://id.aliexpress.com


 

Permainan Bayi Usia 9-12 Bulan: Mainan Drum

Saat bayi berusia antara 9 hingga 12 bulan, Moms bisa memberikan mainan berupa drum yang ditabuh untuk bayi. Di usia ini bayi sedang aktif-aktifnya sehingga akan senang ketika diberikan benda yang dipukul dan menimbulkan bunyi. Mainan drum sekaligus bermanfaat untuk merangsang motorik halus si kecil dan bisa meningkatkan kemampuan musikalnya. 
 
source: https://www.walmart.com

 
baca juga

Jenis Permainan Bayi Usia 9 Bulan

Berikut beberapa jenis permainan bayi usia 9 bulan yang dapat merangsang tumbuh-kembang dan kemampuannya: 
1. Flash Card 
Berikan flash card dengan beragam gambar misalnya hewan untuk merangsang kecerdasan si kecil sejak dini. 

2. Mainan Musik
Mainan musik berupa piano dan drum bermanfaat untuk merangsang motorik bayi dan kemampuannya dengarnya. 

3. Buku Bergambar
Tak masalah memberikan si kecil buku sejak dini hanya sebagai pengenalan untuk melihat gambar-gambar di dalamnya. 
 
source: https://mrprintables.com


 

Permainan Bayi Usia 6-9 Bulan

Di usia di atas 6 bulan, bayi semakin tertarik dengan benda-benda berwarna dan yang menghasilkan bunyi. Untuk bayi di antara usia 6-9 bulan, Moms bisa memberikan mainan berupa boneka, bola, permainan yang dipencet dan gemericing. Permainan-permainan tersebut bermanfaat tidak hanya merangsang kemampuan motorik bayi namun juga kemampuan semua panca indra, termasuk mata, telinga dan peraba. 
 
source: https://www.qoo10.sg
baca juga

Permainan untuk Bayi Umur 9 Bulan: Susun Balok

Di usia 9 bulan, kebanyakan bayi sudah mampu duduk baik ditopang ataupun duduk sendiri. Untuk itu Moms bisa memberikan bayi permainan balok yang bisa disusunnya sendiri. Jangan lupa untuk menemani bayi dan menunjukkan bagaimanan cara menyusun balok tersebut. Setelah itu, biarkan bayi berkreasi sendiri. Selain melatih motorik halus, mainan ini juga sangat baik untuk mengenalkan warna, bentuk, tekstur, dan lain-lain. 
 
source: https://www.blibli.com