Mucopect Drop Amankah untuk Bayi

Mucopect adalah obat batuk berdahak dengan komponen utama ambroxol, yaitu jenis obat golongan mukolitik yang berfungsi untuk mengencerkan dahak. Obat yang tersedia di apotek dalam bentuk tablet, sirup, dan tetes (drops) ini, biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi sejumlah gangguan pernapasan, seperti emfisema bronkitis, pneumoconiosis, bronkiektasis, kondisi inflamasi paru-paru kronis, tracheobronchitis (saluran radang pernapasan), dan bronkitis dengan bronkospasme asma.

Nah, kali ini Mommyasia ingin membahas tentang detail aturan penggunaan serta efek samping yang patut diwaspadai dari konsumsi Mucopect Drops. Simak penjelasan selengkapnya, seperti dilansir dari drugs.com!

Amankah Mucopect untuk Bayi?

Mucopect merupakan obat yang aman untuk diberikan pada bayi. Tetapi perlu diingat ya Moms, karena Mucopect ini obat yang bersifat meringankan gejala batuk berdahak (simtomatik), tata cara penggunaannya harus sesuai dengan instruksi dokter.

Namun perlu diingat bahwa obat ini bersifat simtomatik atau hanya meringankan gejala. Untuk mengobati penyebabnya maka diperlukan kombinasi dengan obat misalnya asntibiotik, sesuai petunjuk dokter.

Anak-anak yang memiliki kondisi berikut tidak boleh menggunakan Mucopect:
•    Anak yang mengidap alergi terhadap ambroxol ataupun komponen lain dari Mucopect.
•    Anak yang memiliki gangguan tukak lambung atau penyakit maag. Pemberian Mucopect hanya akan memperparah kondisi penyakitnya.

Mucopect Drop untuk Bayi 1 Bulan

Berdasarkan komposisi bahan aktifnya, Mucopect drop tersedia dalam dua kemasan, yaitu:
•    Mucopect Drop 15 mg/ml: mengandung Ambroxol HCl 15 mg setiap 1 ml.
•    Mucopect Drop 7,5 mg/ml: mengandung Ambroxol HCl 7,5 mg setiap 1 ml.
Dosis penggunaan Mucopect Drop yang dianjurkan untuk bayi usia 1 bulan adalah 0.5 ml sebanyak 2 kali sehari.

baca juga

Mucopect Drop untuk Bayi 4 Bulan

Jika bayi Moms berusia 4 bulan, maka dosis yang dianjurkan hanya sedikit berbeda dengan dosis untuk bayi yang baru lahir. Biasanya, dokter memberikan rekomendasi dosis sekitar 1,4-1,6 mg/kg atau 0,3 cc sebanyak 2 kali sehari untuk bayi berusia 4 bulan.

Harga Mucopect Drop

Dibandingkan dengan Mucopect sirup, harga Mucopect drop sedikit lebih mahal. Namun, harga tersebut tetap masih terjangkau. Berdasarkan data yang telah diperbaharui oleh apotek per tanggal 2 Desember 2018, harga sebotol Mucopect drop berukuran 7,5mg/ml adalah sekitar Rp. 83.334,-.
 

baca juga

Mucopect Sirup

Selain dalam bentuk tetes (drop), Mucopect yang beredar di pasar juga tersedia dalam bentuk sirup. Berikut aturan pemberian dosis yang dianjurkan.
•    Anak-anak kurang dari usia 2 tahun: 2,5 ml (1/2 sdt) 2 kali sehari.
•    Anak-anak 2 – 6 tahun: 2,5 ml (1/2 sdt) 3 kali sehari.
•    Anak-anak 6 – 12 tahun: 5 ml (1 sdt) 2 – 3 kali sehari.

Efek Samping Mocopect Drop

Obat ini kadang dapat mneyebabkan efek samping yang umumnya tergolong ringan. Efek samping yang mungkin terjadi bagi sebagian orang setelah mengonsumsi obat ini di antaranya:
•    Gangguan pencernaan ringan (muncul rasa mual, muntah, dan nyeri di bagian ulu hati).
•    Reaksi alergi (seperti ruam pada kulit dan pembengkakkan di bagian wajah).
•    Demam.
•    Sesak napas.

Namun jangan khawatir ya, Moms. Tidak semua anak mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Untuk mengurangi risiko efek samping tersebut, sebaiknya konsumsilah Mucopect Drop setelah makan. Jangan lupa, untuk banyak minum air putih. Baca setiap petunjuk yang tertera pada kemasan obat dan ikuti saran penggunaan yang dianjurkan. Ingat, penggunaan obat tidak perlu dilanjutkan jika gejala sakit yang dirasakan oleh si Kecil sudah berkurang. Segera konsultasikan dengan dokter, bila ada efek samping atau infeksi.