Membacakan cerita untuk anak dipercaya  mampu menumbuhkan boanding antara kamu dengan si Kecil dan mempersiapkannya untuk tidur. Hal yang lebih bermanfaat, ternyata aktivitas ini mampu meningkatkan perkembangan otak anak kamu.

Ketika kamu berinteraksi secara verbal dengan anak termasuk membaca cerita untuk anak, ia akan belajar lebih banyak dapipada apa yang kamu bayangkan. Keuntungan yang didapat seperti keterampilan logika yang lebih baik hingga tingkat stres yang lebih rendah.

Lebih jauh lagi, membacakan cerita dapat menghubungkan otak anak untuk mempercepat penguasaan bahasanya. Nah, setelah kamu menghabiskan satu sampai dua jam sehari selama sekira delapan minggu dengan membaca cerita untuk anak maka aktivitas otaknya akan menjadi seperti pembaca yang baik.
 

source: http://obatherbalmultikhasiat.com



 

Membangun Kamus Batin Si Kecil

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak lebih jauh lagi, kamu dapat menggunakan storytime sebagai batu loncatan untuk bercakap-cakap dengan si Kecil. Tapi disarankan tidak terus mengoreksi kesalahan ucapannya. Membaca dengan anak akan memperluas kosa katanya bahkan lebih dari sekadar berbicara dengan keinginannya.

Itu karena buku bisa mengenalkan anak pada gagasan dan objek seperti bubur atau kanguru yang berada di luar lingkungan langsung mereka dan oleh karena itu bukan merupakan bagian dari percakapan sehari-hari mereka. Cari cerita yang mengandung bahasa yang sangat kaya atau penuh warna.
 

source: http://lifestyle.liputan6.com/



 

baca juga

Menenangkan Anak

Pengalaman anak dengan buku harus menyenangkan untuk memberi manfaat kognitif membaca terbaik. Akan lebih menyenangkan jika kamu membacakan cerita untuk anak dengan baik, karena dengan begitu bisa menurunkan tingkat stres si Kecil.

Ketika seorang anak mengalami ketegangan seperti diintimidasi atau memulai sekolah baru, otaknya mencoba melindunginya dengan memproduksi hormon kortisol, yang mengaktifkan respons "fight or flight" tubuh. Dalam dosis kecil, kortisol sebenarnya bisa membantu anak mengatasi stres normal.

Dalam jumlah yang lebih besar justeru bisa menghalangi pembelajaran. Untuk itu, lebih baik meningkatkan sifat tenang dari storytime di rumah kamu, berpelukan dengan si Kecil di tempat yang nyaman, dengan selimut favorit dan boneka binatang di dekatnya.
 

source: http://lifestyle.okezone.com/