1. Jauhi kopi, rokok, dan alkohol.
Kopi, rokok, serta alkohol seringkali menjadi bagian dari gaya hidup seorang pria, padahal sebenarnya dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan reproduksinya. Semakin sering seorang pria merokok, maka semakin tinggi pula jumlah sel spermanya yang abnormal. Begitu pula dengan alkohol dan kopi. Semakin banyak dan sering minum alkohol serta kopi, kuantitas dan kualitas sperma bisa terganggu.
 

source: https://www.rightstep.com/wp-content/uploads/2017/11/shutterstock_389227537.jpg

2. Kurang konsumsi lemak
Lemak memang memberi manfaat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara terkontrol. Salah satu efek buruk terlalu banyak lemak dalam tubuh seorang pria yakni jumlah sperma yang menurun. Dengan membatasi konsumsi lemak kemampuan motilitas sel sperma juga akan terjaga.
 

source: https://i.ytimg.com/vi/-kyHFxxzq_Y/maxresdefault.jpg
baca juga

3. Berolahraga rutin
Olahraga amat baik untuk menurunkan berat badan. Namun tubuh yang terlalu kurus juga akan buruk bagi kualitas sel sperma. Jaga berat badan Dads tetap ideal dengan berolahraga 1 jam setiap harinya. Ada sebuah penelitian di Harvard School of Public Health yang menemukan bahwa pria dengan jadwal rutin berolahraga 7 jam per minggunya memiliki 48 persen jumlah sperma lebih tinggi daripada pria yang tidak berolahraga.
 

source: https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/11/03/50/sport-1815736_960_720.jpg

4. Tidak stres
Stres membuat hormon kortisol meningkat dan akibatnya akan menghambat testosteron serta produksi sperma. Jumlah sel sperma abnormal juga akan bertambah jumlahnya dalam keadaan stres. Untuk menghindari stres cara yang amat dianjurkan yakni rutin berolahraga dan menyempatkan diri untuk menjalani hobi seperti fotografi, mendandani mobil atau motor, dan sebagainya. 
 

source: https://www.clearlysurely.com/blog/wp-content/uploads/2015/10/happy-man.jpg
baca juga

5. Menjauh dari handphone
Setiap handphone memancarkan radiasi yang bisa merusak kualitas sel sperma. Untuk menghindarinya biasakan menyimpan handphone di dalam tas, bukan di dalam kantong celana. Biasakan pula untuk tidak selalu sibuk dengan handphone. Letakkan handphone di meja saat sedang tidak digunakan. 
 

source: https://ak6.picdn.net/shutterstock/videos/16827076/thumb/1.jpg