1. Suasana yang tenang
Suara musik dan televisi yang seringkali terdengar di ruang keluarga bisa saja mengganggu konsentrasi belajar anak. Jika anak lebih nyaman untuk belajar di ruang keluarga, mintalah penghuni lainnya di dalam rumah untuk mematikan musik dan televisi selama anak belajar.
 

source: http://ghk.h-cdn.co/assets/15/35/1600x800/landscape-1440517730-mom-son-homework-ghk.jpg

2. Tanpa gadget
Beberapa kegiatan belajar memang membutuhkan gadget seperti laptop atau tablet. Namun jika gadget tidak dibutuhkan, jauhkanlah segala jenis gadget, termasuk handphone, dari sekitar anak. Keberadaan gadget yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan belajar justru akan mengganggu konsentrasi anak. Moms dan Dads juga sebaiknya memberikan contoh dengan tidak memegang gadget selama menemani anak belajar.
 

source: https://timedotcom.files.wordpress.com/2014/05/tiger_mom1.jpg
baca juga

3. Atur waktu
Kegiatan belajar di rumah juga perlu dirancang dan diatur waktunya. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan, seperti jam pulang sekolah anak di hari itu, kegiatan lainnya selain sekolah, jumlah pekerjaan rumahnya, dan sebagainya. Maka ada baiknya jika Moms tidak menetapkan jam dan jadwal belajar di rumah yang kaku bagi anak agar ia tidak kelelahan.

source: https://cdn.skim.gs/image/upload/v1456337621/msi/mother-and-daughter-writing_tlpsyn.jpg

4. Disiplin
Walaupun penerapan waktu belajar di rumah bisa fleksibel, namun Moms perlu mengajarkan disiplin pada anak dalam menerapkan waktu tersebut. Bisa saja kala anak sedang malas belajar, ia akan menggunakan berbagai alasan untuk menunda waktu belajar. Ini merupakan tantangan bagi Moms untuk mendisiplinkan anak soal waktu belajar agar sikap disiplin tersebut terbawa hingga ia dewasa.
 

source: https://medicorx.com/wp-content/uploads/shutterstock_337103486-805x503.jpg
baca juga

5. Porsi belajar
Selain waktu belajar yang perlu diatur, porsi belajar juga perlu diatur. Walaupun anak terlihat bersemangat dalam belajar di rumah, sebaiknya jangan membuat anak belajar dengan porsi yang terlalu banyak ya, Moms. Belajar di rumah dengan waktu yang terlalu lama atau dengan mata pelajaran yang lebih dari dua malah akan berakibat anak tidak menyerap semua pembelajaran dengan baik.
 

source: https://amp.businessinsider.com/images/57c87219b996eb1d008b5b30-750-562.jpg