Keuntungan 

1. Dapat menjalin kedekatan antara menantu dan mertua


Hubungan antara menantu dan mertua memang harus terjalin dengan sangat baik. Nah, jika kamu tinggal bareng di rumah mertua, ini bisa menjadi momen yang pas untuk PDKT dengan mertua. 24 jam kamu akan bertemu dengan mertua dan menjalankan aktivitas bersama setiap hari. Jadi ini bisa menjadi ajang untuk mengakrabkan diri dengan ibu dan bapak mertua lho Moms. 

2. Menghemat Biaya Pengeluaran

Tinggal di rumah mertua juga ada keuntungannya lho Moms. Misalnya saja, kamu dan suami tidak perlu memikirkan uang sewa rumah yang jumlahnya tentu tidak sedikit. Apalagi buat pengantin baru, di mana masih harus banyak menabung untuk membeli perabotan rumah jika nanti sudah bisa membeli atau sewa rumah sendiri. 

3. Bisa Sekalian Belajar Masak

Bagi menantu perempuan momen ini nggak boleh dilewatkan, karena dengan kamu tinggal bersama mertua, Moms bisa sekaligus belajar masak. Apalagi buat kamu yang sebelumnya tidak bisa memasak sama sekali. Nah, kamu bisa 'mencuri' resep-resep andalan mertua yang bisa bikin suami kamu happy terus. 
source: http://www.slate.com

Kerugiannya

1. Rawan Cekcok

Nah, hal yang satu ini memang sulit untuk dihindari yakni cek-cek dengan mertua. Sebagai anggota baru di rumah mertua, terkadang ada hal-hal yang belum kita tahu yang akhirnya terkadang menimbulkan rasa jengkel satu sama lain. Belum lagi terbatasnya kita sebagai menantu untuk mengungkapkan pendapat atau hal-hal yang dirasa tidak sesuai dengan keinginan kita. 

2. Banyak Keterbatasan

Sekali lagi, meskipun kita tinggal di rumah orangt ua pasangan kita di mana mereka juga sudah menganggap kita sebagai anak, namun tetap saja pasti ada rasa canggung. Ketika tinggal di rumah mertua kamu tidak bebas melakukan hal apapun karena khawatir diprotes atau dikritik oleh mertua. Misalnya kamu ingin bangun siang karena lelah bekerja atau kamu ingin mengundang teman datang ke rumah. 

3. Mertua Ikut Campur

Meskipun tidak semua mertua suka ikut campur urusan atau masalah rumah tangga anaknya, namun jika kamu tinggal serumah dengan mertua otomatis mereka melihat apa yang terjadi dengan rumah tangga kamu. Misalnya saja ketika kamu sedang bertengkar dengan suami, pasti mertua akan membela anaknya terlebih dahulu. Namun sekali lagi, tidak semua mertua seperti itu. Akan tetapi lebih enak tinggal mandiri bersama pasangan bukan? 

source: https://www.lvcounseling.com