Menguap

source: https://mymilk.com/

Bahasa tubuh bayi ini tentunya dikenali semua orang ya Moms, karena orang dewasa pun menunjukkan bahasa tubuh yang sama saat ingin beristirahat atau kelelahan. Nah, si kecil pun begitu, saat ia mulai menguap jangan terus menerus memaksakan ia untuk mendengarkan cerita kita, tapi ajaklah untuk tidur dengan memberinya ASI atau susu dan menggendongnya.

Merengek dan Menangis

source: https://cerpen.co.id/

Menangis memang hal yang wajar untuk bayi, apalagi menangis berpengaruh pada kesehatan bayi baru lahir. Tapi jika si kecil sudah merengek-rengek sambil menangis terus menerus, Moms harus memahami bahwa ia memberikan bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa ia kelelahan, segera beri ASI ataupun susu, kemudian ajak tidur untuk mengatasi rasa lelahnya.

baca juga

Mengepalkan Tangan

source: http://manado.tribunnews.com/

Saat bermain ataupun memperhatikan kita mengajaknya berbicara, tanpa kita sadari pernahkah Moms melihat si kecil mengepalkan tangan dengan menempelkannya di pipi? Memang tampak lucu dan sangat menggemaskan ya Moms, tapi ternyata bahasa tubuh si bayi lucu ini mengisyaratkan bahwa ia sudah lelah dan ingin beristirahat. Gemes banget ya Moms.

Memalingkan Wajah

source: https://www.meetdoctor.com/

Bahasa tubuh ini juga biasanya tidak kita sadari sebagai bentuk tanda si kecil lelah, saat ada yang mendekatinya ia memalingkan wajah dan tidak memperhatikan apa yang kita ceritakan atau kita ekspresikan, jika sudah begini saatnya menggendongnya Moms.

baca juga

Melentingkan Badan

source: https://familyfimela.com/

Sebelum menangis terus-menerus, biasanya Ia melentingkan badannya seperti tidak nyaman. Sebelum ia menangis pastikan Moms menempatkan bayi dengan posisi nyaman, baik digendong atau merebahkan diri sambil diberikan ASI atau susu.

Mata Sayu

source: http://www.solusisehatku.com/

Tatapan mata yang kosong dengan mata sayu tentunya bahasa tubuh yang mudah kita kenali ya Moms, tanda si kecil sudah sangat lelah dan ingin segera tidur. Sebelum tidur pastikan Moms membuatnya nyaman, ganti popoknya, bajunya, bila perlu ‘seka’ dulu si kecil dengan air hangat agar ia bisa tidur nyenyak.

Gelisah

source: https://www.halobayi.id/

Menghisap sesuatu, tangan dan kaki bergerak-gerak, juga tampak gelisah adalah tanda si kecil mulai merasa lelah, biasanya setelah ini Ia akan menangis meminta ASI ataupun susu tanda ia ingin beristirahat.

Setelah mengetahui tanda-tanda si kecil yang lelah, Moms harus lebih peka lagi ya jangan sampai terlalu keasyikan mengajak si kecil mengobrol. Merawat bayi memang menyenangkan ya mom, tapi jangan sampai terlena hingga melupakan rasa lelah si kecil.