1. Yoghurt
Tentunya Moms sudah tahu bagaimana manfaat yoghurt untuk pencernaan. Dan bagi ibu menyusui yang rajin mengonsumsi yoghurt, akan merasakan manfaat tambahan. Kandungan yoghurt akan mendatangkan banyak manfaat untuk tulang Moms dan untuk bayi yang menyusui. Selain itu, Moms juga tidak perlu khawatir menjadi gemuk karena yoghurt termasuk dalam asupan yang rendah lemak.
 

source: https://ak9.picdn.net/shutterstock/videos/2173919/thumb/6.jpg

2. Kacang merah
Kacang merah merupakan makanan yang enak untuk dijadikan menu apa saja. Bisa dicampurkan dalam es dan susu kental manis, bisa juga dibuat sup, atau bahkan dijadikan campuran adonan cookies. Menjadikan kacang merah untuk cemilan ibu menyusui akan menjaga Moms dan si kecil dari anemia karena mengandung banyak zat besi. Protein yang dikandung kacang merah juga tinggi sehingga mampu untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak dalam diri bayi yang masih menyusui.
 

source: https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/AN_images/AN271-Kidney-Beans-bowl-732x549-Thumb.jpg
baca juga

3. Labu siam
Berkreasilah dengan membuat berbagai menu dengan menggunakan labu siam, Moms, karena berkhasiat untuk memperkaya produksi ASI Moms. Jika Moms termasuk ibu menyusui yang bosan dengan daun katuk untuk memperkaya ASI, maka Moms bisa menyelinginya dengan labu siam. Tak hanya itu, labu siam juga kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.
 

source: https://doctor-nabila.com/wp-content/uploads/2017/12/Health-Benefitsn-Chayote.jpg

4. Jagung
Moms tahu kandungan nutrisi apa saja yang ada di dalam jagung? Protein, asam folat, karbohidrat, kalsium, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan vitamin B15. Banyak sekali ya, Moms. Tentu saja itu artinya jagung merupakan cemilan yang sehat bagi Moms yang sedang dalam masa menyusui. Jagung bisa dijadikan camilan dengan direbus dan dimakan bersama keju serta susu kental manis. Atau, bisa juga Moms buat menjadi sup jagung yang creamy.

source: http://www.berkeleywellness.com/sites/default/files/400-04191939c-Masterfile-4774344sean.jpg
baca juga

5. Ubi jalar
Membayangkan ubi rebus yang masih hangat, rasanya ingin segera menyantapnya ya, Moms. Pilihlah ubi jalar yang berwarna oranye karena kaya akan beta karoten yang baik bagi mata bayi. Ubi jalar juga akan memberikan karbohidrat yang dibutuhkan Moms agar tidak merasa lemas saat menyusui saat puasa.

source: https://www.maangchi.com/wp-content/uploads/2018/01/sweet-potato-steamed.jpg

6. Roti gandum
Jika Moms membutuhkan cemilan yang sekaligus mengenyangkan, maka Moms bisa memilih roti gandum. Serat yang dikandung dalam roti gandum akan membuat Moms dan si kecil kenyang lebih lama, sekaligus menghindarkan Moms dan si kecil dari permasalahan sembelit.

source: https://buzznigeria.com/wp-content/uploads/2016/05/Whole-grain-wheat-bread.jpg

Nah, itulah beberapa pilihan menu makanan cemilan untuk ibu menyusui selama puasa. Semoga bermanfaat ya, Moms.