1. Gatal-gatal

Gatal-gatal merupakan ciri-ciri umum yang paling sering dialami oleh anak yang terkena alergi pada makanan. Biasanya gejala ini muncul setelah makan makanan tertentu dan anak akan merasakan gatal bisa jadi di sekujur tubuh. Reaksi gatal pada anak dimulai dari muncul merah-merah pada wajah hingga tubuh dan kemudian timbul rasa panas. Selain itu dakalanya timbul pilekpada anak dan kebanyakan gejala pilek bukan karena virus, namun justru sebagai reaksi alergi. 

source: http://edition.cnn.com

2. Ruam Kulit 

Mungkin Moms sering mendengar yang namanya gejala ruam-ruam merah pada anak yang terkena alergi makanan. Gejala yang paling umum dari ruam tersebut adalah muncul disertai bintik pada wajah yang menyebar ke leher dan kemudian ke seluruh badan. Beberapa kondisi ruam juga ada yang berisi cairan yang mirip dengan biang keringat. 

source: https://www.pgeveryday.com
baca juga

3. Mual dan muntah

Gejala mual dan muntah pada anak yang terkena alergi makanan bisa bereaksi langsung setelah makan atau beberapa jam setelah makan. Jika Si kecil mengalami gejala ini setelah mengonsumsi makanan tertentu, berikan ia air yang banyak agar tidak dehidrasi dan segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 

source: https://mamamia.com.au

4. Diare

Gejala lain yang menandakan Si kecil terkena alergi makanan yaitu diare atau gangguan pencernaan. Saat anak tidak tahan terhadap jenis makanan tertentu, maka perut Si kecil susah untuk mencernanya. Sehingga mengganggu sistem pencernaan dan timbul diare terus menerus. Selain itu gejala lain yang bisa muncul akibat alergi makanan adalah kesulitan bernapas dan jika semakin parah akan menjurus pada gejala asma. 

source: https://www.youtube.com