1. Lakukan Bersama

Anak-anak cenderung lebih suka malakukan berbagai hal secara bersama-sama karena membaut ia lebih semangat dan menyenangkan. Oleh sebab itu untuk mendidik anak untuk terbiasa sikat gigi, maka lakukanlah bersama-sama. Misalnya saat bangun pagi, ajak anak untuk menyikat gigi bersama sebelum sarapan pagi. Kemudia ajak juga ia untuk tidak lupa menyikat gigi saat sebelum tidur. 

source: https://www.freepik.com

2. Ajak Anak untuk Memilih Sikat Giginya

Semua anak-anak sangat menyukai apapun yang berbentuk lucu. Nah, untuk mendidik anak agar rajin sikat gigi, langkah pertama dengan mengajaknya membeli sikat gigi yang ia suka. Apalagi saat ini banyak dijual sikat gigi dengan berbagai karakter kartun yang sangat digemari anak-anak. 

source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Jelaskan Anak Manfaat Rutin Menyikat Gigi

Beberapa orang tua kurang memerhatikan terhadap kebersihan gigi anaknya cenderung tidak optimal sehingga anak memilik kebersihan rongga mulut yang buruk dan mudah terjadi karies. Untuk mendidik anak agar terbiasa dan peduli dengan kesehatan gigi, sebaiknya moms menjelaskan terlebih dahulu tentang manfaat menyikat gigi. Pertama jelaskan apa dampaknya jika ia malas menyikat gigi. Misalnya, "Kalau kamu nggak mau sikat gigi, nanti gigi kamu gampang bolong lho. Terus ompong. Rasanya nyeri dan sakit. Emangnya kamu mau sakit?". 

source: https://www.freepik.com

4. Buatkan Jadwal atau Ingatkan Anak Saat Waktu Menggosok Gigi

Agar anak tidak lupa dan semakin terbiasa untuk menyikat gigi, bisa juga Moms membautkan jadwal pada selembar kertas dan tempel di dinding kamar mandi atau wastafel. Tulis jam berapa saja Si kecil harus menyikat giginya atau ingatkan ia ketika waktunya untuknya menyikat gigi. Cara sederhana ini jika dibiasakan makan akan menjadi rutinitas sehat yang melekat oleh anak hingga ia besat nanti. Karena jika dibiasakan hidup sehat dan teratur, maka kebaisaan baik ini akan terbawa hingga ia besar, Moms.  

source: https://www.freepik.com