1. Popcorn

Memiliki rasa gurih dan manis popcorn tak hanya disukai oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Namun, jangan sesekali memberikan popcorn pada bayi yang belum bisa mengunyah dengan baik ya Moms. Karena, tekstur popcor yang sedikit kasar dan kering, maka mudah sekali tersangkut di tenggorokan yang bisa membuat bayi tersedak.

 

source: https://www.freepik.com

2. Permen

Terkadang para orang tua ada yang suka memberikan permen pada anaknya yang masih bayi atau balita. Padahal memberikan permen sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal bagi Si kecil. Hal ini karena tekstur permen yang sangat licin ketika terkena air liur, maka anak belum bisa mengendalikan atau mengunyah permen dengan baik. Ini sangat berisiko permen tertelan atau tersedak oleh bayi. 

source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Kacang-kacangan

Usia anak di bawah 4 tahun, ada baiknya jangan diberikan makanan keras dan susah dikunyah oleh Si kecil, misalnya kacang-kacangan. Hal ini karena anak belum bisa  mengunyah dengan baik segala makanan padat atau keras yang masuk ke mulutnya dan bisa membuatnya tersedak. Selain berisiko  membuat anak tersedak, sebagian bayi juga mengalami alergi kacang, sehingga lebih baik kacang baru diperkenalkan ketika ia berusia lebih dari 4 tahun saja ya Moms. 

source: https://www.freepik.com

4. Bakso

Banyak para orang tua memberikan bakso atau mencampurkannya bersama sayur untuk makanan Si kecil. Namun, pemberian bakso untuk Si kecil juga dapat berisiko membuatnya tersedak lho moms. Karena tekstur bakso yang licin dan mudah tergelincir di tenggorokan Si kecil, alangkah baiknya hindari pemberian bakso secara utuh ya Moms. Jika ingin memberikan bakso untuk Si kecil, ada baiknya bakso dipotong kecil-kecil agar memudahkan Si kecil ketika mengunyahnya. 

source: https://www.freepik.com