1. Menguatkan Otot Panggul

Bagi ibu hamil yang rutin melakukan senam kegel, maka dapat melatih otot bagian bawah panggul bisa sangat membantu ibu hamil menghadapi proses melahirkan, bahkan setelahnya. Namun, manfaat senam kegel ini tidak dapat dirasakan seketika. Jika Moms rutin mempraktikkan senam kegel ini tiga kali sehari maka manfaatnya dapat dirasakan sekitar 4-6 minggu kemudian. 

source: https://pregistry.com

2. Mencegah Robeknya Perineum

Perineum merupakan area kulit antara liang vagina dengan anus (dubur) yang dapat robek ketika melahirkan atau secara sengaja digunting guna melebarkan jalan keluar bayi. Nah, dengan melakukan senam kegel secara teratur, otot-otot pada daerah sekitar kelamin dan panggul akan lebih terlatih sehingga memudahkan wanita hamil dalam proses melahirkan. Dengan begitu manfaat senam kegel ini bisa mencegah terjadinya robel perineum. 

source: http://blackburnnews.com
baca juga

3. Mengurangi Masalah Inkontinensia 

Inkontinensia merupakan ketidakmampuan menahan buang air kecil yang sering dialami oleh ibu hamil. Kejadian ini disebabkan karena ada kegagalan sistem kandung kemihdan uretera (vesikouretra) pada saat masukkanya urin secara berangsur-angsur dari ureter (fase pengisian). Selain mengurangi masalah inkontinensia, manfaat senam kegel juga dapat mengatasi gangguan buang air kecil yang terjadi akibat stres pasca melahirkan.

source: http://www.karangkraf.com

4. Mengurangi Risiko Wasir 

Tidak jarang ibu hamil mengalami wasir atau ambeien (hemoroid), padahal sebelum hamil tidak memiliki gangguan tersebut. Manfaat senam kegel pada wanita ibu ini dapat menguatkan otot panggul, di mana dapat mengurangi risiko wasir. Namun, bagi Moms yang memiliki masalah wasir saat hamil, senam kegel ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di alat kelamin yang akan mempercepat pemulihan wasir.

source: http://www.pregnancyrelated.com