1. Pil KB
Pil KB merupakan alat kontrasepsi yang paling populer. Pil ini mengandung hormon progestin dan estrogen untuk mencegah ovulasi. Kelebihannya yakni bisa dibeli secara bebas di apotek, dapat melancarkan haid, serta tingkat kegagalan yang hanya 8%. Sementara kekurangannya yakni dapat meningkatkan tekanan darah serta pembekuan darah.
 

source: https://metrouk2.files.wordpress.com/2017/07/pri_45395787.jpg?quality=80&strip=all

2. Suntik KB
Terdapat 2 jenis, yakni yang bekerja selama 1 bulan dan 3 bulan. Kelebihannya, suntik KB sangat efektif dengan tingkat kegagalan 1%-3%. Kekurangannya yakni harus dilakukan oleh dokter atau bidan, dapat menimbulkan bercak darah, serta tidak dianjurkan untuk Moms dengan riwayat penyakit tertentu.
 

source: https://i.ytimg.com/vi/IGSjlQsfVu8/maxresdefault.jpg
baca juga

3. Implan
Seperti namanya, implan dimasukkan ke bagian bawah kulit, umumnya lengan bagian atas. Alat ini bekerja dengan mengeluarkan hormon progestin untuk mencegah ovulasi selama 3 tahun. Adapun kelebihannya yakni memiliki tingkat kegagalan sebanyak 1% dan kekurangannya yakni dapat menyebabkan bengkak serta haid tidak teratur.
 

source: http://a.abcnews.com/images/Health/ap_nexplanon_dc_022118_16x9_992.jpg

4. IUD
Merupakan singkatan dari intrauterine device, IUD dimasukkan ke dalam rahim dan berfungsi untuk menghalangi sperma untuk bertemu dengan sel telur. Kelebihannya yakni dapat bertahan selama 5-10 tahun, dan kekurangannya yakni dapat lepas, haid tidak lancar, dan mendatangkan sejumlah efek samping.
 

source: http://mzo5g3ubj8u20bigm1x3cth1-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2015/04/Longtern-birth-control.jpg
baca juga

Selain 4 alat kontrasepsi terpopuler tersebut tentu saja masih banyak pilihan lainnya, seperti spermisida, diafragma, kondom wanita, koyo ortho evra, cervical cap, dan cincin vagina. Selain itu ada juga metode kontrasepsi kalender yang tidak memerlukan alat khusus. Untuk menentukan alat kontrasepsi terbaik untuk Moms, tentu saja berkonsultasi pada dokter merupakan hal yang perlu dilakukan.
 

source: http://ak7.picdn.net/shutterstock/videos/3048427/thumb/1.jpg