Tips Menu Sahur untuk Ibu Hamil

Sebelum langsung mengintip variasi menu makan sahur ibu hamil, ada baiknya Moms memahami dulu apa saja ketentuan yang harus diperhatikan agar asupannya terpenuhi dengan baik:

  1. Konsumsi asupan karbohidrat kompleks. Sebaiknya, hindari mengonsumsi nasi putih sebagai variasi untuk asupan karbohidrat saat harus. Gantilah nasi putih dengan jagung, oatmeal, pasta, ubi, singkong, kentang, nasi merah, atau sereal. Dengan begitu kamu akan merasa kenyang lebih lama.
  2. Perbanyak asupan sayuran dari beragam bentuk dan warna untuk memenuhi kebutuhan gizi dan seratnya. Sayuran hijau, orange, putih, ungu dan merah dapat kamu gunakan untuk variasi menu yang lebih beragam. Sayur-sayuran inilah yang akan memenuhi kebutuhan mineral, vitamin dan antioksidan untuk ibu dan janin.
  3. Perbanyak pula konsumsi protein. Kamu dapat mengonsumsi daging merah, daging ikan, daging unggas, telur, hingga kacang-kacangan.
  4. Jangan lupa konsumsi susu dan buah. Susu dengan kandungan asam folat akan memperbanyak asupan asam folat untuk pertumbuhan janin. Serta buah dapat mengimbangi asupan serat, mineral, vitamin, serta cairan untuk tubuh.
source: http://www.apelgreen.com/


 


Nasi Merah Bakar
 

source: https://www.pinterest.com.au/


Pilihan menu jagung, oatmeal, nasi merah, dan umbi-umbian memang terkesan tidak menarik untuk dikonsumsi saat sahur. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk sesekali menyiapkan menu nasi merah bakar yang penuh rasa dan bumbu. Lengkapi juga dengan protein dan sayur mayur.
 

baca juga


 


Tempe Orek Basah
 

source: https://www.pinterest.com.au/


Protein dalam kandungan tempe memang tidak boleh disepelekan. Nah, menu sahur dengan lauk orek tempe basah ini wajib banget untuk Moms tambahkan dalam variasi menu sahur di bulan Ramadhan. 
 

baca juga
youtube:NIdrTqSIv3Q
source: https://www.youtube.com/watch?v=NIdrTqSIv3Q
RESEP TEMPE OREK BASAH#cara membuat tempe orek basah


 


Sayur Oyong
 

source: https://selerasa.com/


Untuk sayuran, Moms bisa mencoba beragam sayuran tumis ataupun kuah yang segar. Jika bayam, kangkung, sup dan capcay terasa membosankan, cobalah untuk membuat sayur oyong. Jangan lupa untuk tambahkan beberapa potongan protein seperti jamur, udang, ayam, atau sosis dalam sayuran agar asupannya menjadi lebih lengkap.
 

youtube:T8ftPewPwJk
source: https://www.youtube.com/watch?v=T8ftPewPwJk
RESEP SAYUR OYONG KUAH AYAM #menu harian


Nah, itulah beberapa variasi menu sahur untuk wanita hamil yang bisa kamu coba selama Ramadan. Selamat mencoba dan semoga puasamu lancar, ya!