1. Mengurangi Risiko Anemia

Tahukah kamu puasa saat menyusui dapat menyebabkan energi ibu terkuras hingga dua kali lipat? Itulah sebabnya, para ibu menyusui akan lebih mudah merasakan lelah setiap menyusui bayi dalam sekian jam sekali. Kondisi inilah yang sangat berisiko mengakibatkan ibu menyusui mengalami anemia. Nah, dengan mengonsumsi kurma, asupan Vitamin B yang berperan dalam membantu tubuh membentuk sel darah merah akan menjadi lebih optimal. Dengan begitu, ibu akan lebih berenergi setiap harinya. 
 

source: https://kiatfit.com/


 


2. Memaksimalkan Daya Tahan Tubuh

Kesehatan ibu sangatlah mempengaruhi kondisi kesehatan anak. Itulah sebabnya sebagai ibu menyusui kamu wajib menjaga kesehatan selama masa menyusui dengan cara mengoptimalkan asupan makanan bergizi dan bernutrisi. Kandungan tanin yang ada dalam kurma, memiliki khasiat untuk memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh. Dengan begitu, Ibu akan lebih kuat dan tidak mudah sakit. Tanin jugalah yang nantinya akan berperan sebagai zat anti infeksi serta anti inflamasi (pembengkakan) tubuh. Selain itu, ada pula kandungan fitokimia, zat alami yang berperan dalam menghasilkan enzim-enzim penangkal racun, anti oksidan, anti virus, serta anti bakteri.
 

source: http://www.solusisehatku.com/


 

baca juga


3. Sumber Penambah Energi

Kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam buah kurma dapat berperan dalam meningkatkan energi dalam tubuh ibu menyusui. Bahkan, tiga buah kurma memiliki kadar energi yang sama seperti sepiring nasi. Jadi, jangan lewatkan asupan kurma saat berbuka puasa dan sahur untuk tambahan energi harian selama Ramadan.
 

source: http://travel.tribunnews.com/


 


4. Tambahan Asupan Zat Besi dan Kalsium 

Tidak hanya glukosa, nutrisi berupa zat besi dan kalsium dalam kurma juga sangat penting untuk menambah kebutuhan tumbuh kembang tulang dan gigi bayi. Selain itu, ASI juga akan lebih sehat sehingga dapat dengan optimal menutrisi dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.
 

source: http://lagizi.com/


 

baca juga


5. ASI Booster Alami

Terakhir, yang terpenting adalah kurma juga merupakan salah satu asupan alami yang dapat memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Kandungan oksitosin dalam buah kurma mampu melancarkan produksi ASI sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi anak. Yang pastinya, dengan beragam nutrisi yang dimilikinya, buah kurma juga mampu menambah kualitas ASI sehingga bayi dapat tumbuh lebih sehat dan cerdas nantinya.
 

source: http://www.sylhetbarta24.com/


Itulah beberapa manfaat buah kurma bagi ibu menyusui. Luar biasa, ya? Nah, rajin-rajinlah mengonsumsi buah kurma selama Ramadhan ini agar produksi ASI semakin lancar dan juga berkualitas.