Pilih Makanan yang Bekerja Melepas Energi Secara Bertahap
 
source: https://www.pinterest.com/


Saat akan memilih asupan makanan untuk kebutuhan energi, kamu harus jeli dalam mencari jenis makanan yang dapat menyimpan energi lebih lama. Dengan begitu, kamu dapat lebih segar dan terhindar dari rasa lapar berlebihan. Salah satu jenis makanan puasa bagi ibu hamil yang wajib untuk dikonsumsi yang dapat melepaskan energi perlahan adalah asupan karbohidrat kompleks, seperti misalnya:

  • Variasi Gandum
  • Beras Merah
  • Cokelat Tanpa Pemanis Buatan
  • Kacang-kacangan
  • Sayur-sayuranan
  • Buah-buahan

Kamu perlu memastikan bahan-bahan makanan di atas dapat kamu penuhi saat buka puasa dan terutama saat sahur. Dengan begitu, puasa kamu akan lebih kuat dan lancar.
 


Hindari Asupan dengan Kandungan Gula Buatan
 
source: http://noteskiriz.blogspot.com/


Kamu pasti sering mendengar ujaran "berbukalah dengan yang manis" sebagai anjuran dalam membatalkan puasa. Sayangnya, makanan atau minuman manis yang disarankan tidak semuanya aman untuk wanita hamil. Kamu perlu lebih waspada dalam mencari makanan dan minuman manis yang terbuat dari gula alami. Sebab, pemanis buatan akan menguras banyak energi tubuh untuk mencernanya dan berisiko mengakibatkan diabetes pada wanita hamil. Untuk itu, kamu dapat mencoba mencari variasi pemanis alami seperti madu, sari kurma, buah-buahan dan jus buah asli tanpa gula untuk asupan buka puasa dan sahurmu.
 

baca juga

Konsumsi Asupan Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi
 
source: https://bangnanachips.com/


Jangan lewatkan asupan protein untuk menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik. Selain itu, asupan protein ini juga penting untuk memastikan janin dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan optimal. Kamu dapat memperbanyak menu dengan variasi bahan makanan berupa daging, ikan, kacang-kacangan, telur, atau bahkan pilihan seafood. Tidak lupa juga untuk memastikan semua bahan makanan tersebut dimasak hingga matang sempurna agar tidak ada bakteri yang nantinya membahayakan janin.
 


Hindari Asupan Makanan Tinggi Lemak
 
source: https://indobisnisblog.wordpress.com/


Hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi karena dapat berisiko mengakibatkan obestias pada wanita hamil. Untuk itu, menu makanan berlemak juga akan memakan banyak energi untuk dicerna, akibatnya wanita hamil dapat lebih mudah lesu dan lemah saat berpuasa. Jadi, sebaiknya hindarilah makanan berupa gorengan dan bakar, khususnya saat sahur. Kamu bisa mencoba variasi makanan berupa rebusan hingga kukusan.
 

baca juga

Perhatikan Asupan Cairan Dari Ragam Minuman yang Dikonsumsi
 
source: https://hellosehat.com/


Terakhir, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh selama berpuasa. Perbanyak asupan air putih, setidaknya 2 liter sehari atau lebih mengingat bayi dalam kandunganmu juga perlu cairan. Kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah-buahan dan susu. Dengan begitu, tidak hanya cairan, tetapi mineral, vitamin, dan serat juga terpenuhi dengan baik. Hindari mengonsumsi teh dan kopi karena akan membuat kamu banyak buang air kecil.