1. Rahim yang Lemah

Penyebab pertama yang paling sering mengakibatkan keguguran pada kehamilan adalah kondisi rahim yang lemah. Hal ini menyebabkan rahim tempat embrio seharusnya menempel tidak mampu bertahan sehingga akhirnya mengalami keguguran. Biasanya jika kamu mengalami hal ini, kamu akan diberikan obat penguat rahim dan diminta untuk beristirahat di rumah. 
 

source: http://medic.ua/


 


2. Ibu Hamil yang Tidak Fit

Kondisi kesehatan ibu di awal kehamilan sangat berpengaruh pada kesehatan kandungan. Jangan heran jika penyakit yang menyerang ibu hamil kerap kali mengakibatkan hal yang tidak baik pada kandungan termasuk keguguran. Apalagi jika gejala yang muncul adalah gejala demam tinggi, bisa dipastikan kandungan dapat sangat melemah. Itulah sebabnya, kamu harus memerhatikan kesehatan dengan menghindari risiko terjangkit virus dan sering melakukan konsultasi pada dokter kandungan.
 

source: http://www.solusisehatku.com/


 

baca juga


3. Kehamilan Tidak Diketahui

Selanjutnya, ketidaktahuan mengenai kondisi hamil kerap menjadi penyebab ibu mengalami keguguran. Biasanya, ini terjadi di awal-awal kehamilan. Ini sangatlah penting karena para ibu yang tidak tahu bahwa ia hamil biasanya akan lebih cuek dalam beraktivitas dan mengonsumsi makanan sembarangan. Tidak heran jika kandungan menjadi tidak kuat dan akhirnya mengalami keguguran.
 

source: http://www.grid.id/


 


4. Memiliki Riwayat atau Sedang Terjangkit Penyakit Tertentu

Selanjutnya, kondisi latar belakang kesehatan tertentu juga akan sangat berpengaruh pada kehamilan. Para wanita yang ternyata pernah memiliki kista di rahimnya kerap kali mengalami keguguran. Tidak hanya itu, infeksi dari virus, kuman dan bakteri juga dapat membuat tubuh ibu memiliki penyakit yang sangat berpengaruh pada kehidupan janin, seperti misalnya tokso, rubella, dan lain sebagainya. Segera konsultasikan pada dokter jika ada hal aneh yang kamu rasa terjadi pada dirimu saat hamil.
 

source: https://babe.news/


 

baca juga


5. Faktor Usia

Kehamilan yang ideal terjadi pada usia antara 25-35 tahun. Saat itu, rata-rata wanita sudah memiliki kondisi fisik yang kuat dan optimal serta mental dan juga siap. Sedangkan dengan usia yang lebih tua atau lebih muda, akan sangat rentan untuk terjadinya kehamilan serta proses melahirkan yang normal. Tidak heran, kehamilan pada wanita yang terlalu muda atau terlalu tua sering mengalami keguguran.  
 

source: https://www.merdeka.com


Nah, itulah beberapa fakta seputar keguguran saat hamil dan penyebabnya. Kamu juga perlu mewaspadai gaya hidup dan perilaku yang dapat mengganggu sistem kesehatan tubuh seperti merokok atau meminum alkohol. Hal ini berlaku untuk istri maupun suami untuk menjaga kesuburan dirinya.