1. Tidak ada orang tua yang sempurna
Yakinlah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk menjadi orang tua. Belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik dari hari ke hari merupakan hal yang baik, namun jangan sampai hal tersebut justru membebani benak dan pikiran Moms. Terimalah semua masukan mengenai cara mengasuh anak dari keluarga dan teman-teman. Namun, itu semua hanyalah saran, yang merupakan hak Moms sepenuhnya untuk melaksanakannya atau mengabaikannya. Bagaimanapun, Moms-lah yang paling mengenali bayi Moms dan segala kebutuhannya.
 

source: http://d1ah1il5j7hxtz.cloudfront.net/wp-content/uploads/2017/08/Happy-Mother-And-Happy-Baby-In-The-Bed.jpg

2. Membicarakannya dengan orang terpercaya
Jika Moms mengalami mood swing dan pikiran yang kalut, jangan memendamnya sendirian. Sebanyak 80% Moms yang baru saja melahirkan mengalami sindrom baby blues, jadi yakinlah bahwa Moms tidak sendirian dan tidak perlu malu untuk membicarakannya. Segera sediakan waktu untuk berbicara dari hati ke hati tentang apa yang Moms rasakan dan butuhkan dengan suami, orang tua, sahabat, bahkan dokter atau psikolog. Dengan berbagi pikiran seperti ini akan meringankan beban pikiran Moms, bahkan juga bisa menghilangkan sindrom baby blues dengan segera.
 

source: http://www.womentips.co/wp-content/uploads/2014/05/Couple-talking-indoors.jpg
baca juga

3. Tidurlah saat bayi sedang tidur
Kondisi fisik yang kelelahan dapat mengundang suasana hati dan pikiran yang kalut. Maka untuk menghindarinya Moms perlu beristirahat. Tak perlu menunggu waktu jam tidur di malam hari tiba, tidurlah segera saat bayi Moms tertidur, baik siang atau malam. Bayi yang baru lahir bisa menjadi amat menuntut waktu Moms, karena akan sering membutuhkan susu dan digantikan popok.
 

source: http://www.drgreenmom.com/wp-content/uploads/2014/01/Dollarphotoclub_60273374-1024x652.jpg

4. Menghirup udara segar
Luangkan waktu setidaknya 10-15 menit per harinya untuk berjalan kaki di luar rumah. Titipkan bayi Moms pada keluarga atau pengasuh, sementara Moms berjalan kaki di luar rumah sambil menikmati pemandangan dan menghirup udara segar. Kegiatan ini bukan dimaksudkan untuk berolahraga melangsingkan tubuh kembali pasca kehamilan, namun lebih kepada relaksasi pikiran serta melancarkan sirkulasi darah. Jika tidak ada yang bisa dititipi, Moms bisa membawa bayi turut serta dengan menggunakan baby stroller.
 

source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/ro_bJGVagj16ri7dm/videoblocks-a-woman-in-the-park-is-walking-with-a-child-mom-with-a-baby-stroller_hdd75b7zz_thumbnail-full01.png

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengatasi baby blues pasca melahirkan. Jangan abaikan perasaan tertekan berlarut-larut, karena hal ini bisa mengarah kepada sesuatu yang lebih buruk. Semoga bermanfaat, Moms!