Penyebab Konstipasi pada Kehamilan
Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi konstipasi pada kehamilan, ketahui terlebih dahulu penyebabnya, Moms. Konstipasi pada kehamilan tidak sesederhana kurang asupan serat seperti konstipasi yang biasa terjadi saat sedang tidak hamil. Pada saat Moms hamil hormon progesteron membuat otot pada usus rileks sehingga proses pencernaan berjalan lebih lambat dari biasanya. Hal ini membuat penyerapan nutrisi bisa berlangsung lebih maksimal, namun juga membuat sistem pencernaan yang berujung pada buang air besar menjadi lebih lambat. Selain itu, penyebab lainnya yakni uterus yang membengkak. Uterus yang semakin besar ini juga akan menghimpit ruang usus sehingga memperlambat proses kerja usus itu sendiri.
 

source: http://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2015/03/Remedies-To-Treat-Constipation-During-Pregnancy.jpg

Waktu Terjadinya Konstipasi pada Kehamilan
Waktu terjadinya konstipasi pada kehamilan memang berbeda-beda, Moms. Namun, umumnya konstipasi mulai terjadi pada usia kehamilan dua atau tiga bulan. Ini adalah saat level hormon progesteron mulai meningkat. Dan konstipasi bisa akan selalu muncul seiring usia kehamilan yang semakin tua.
 

source: https://cdn3.mycity4kids.com/images/article-images/web/headersV2/img-20171016-59e42d23187cb.jpg
baca juga

Cara Mengatasi Konstipasi pada Kehamilan
Terdapat sejumlah untuk mengatasi konstipasi pada kehamilan, seperti:

  • Banyak minum. Sebanyak 12-13 gelas minuman sehari wajib bagi wanita hamil. Kombinasikan air putih dengan jus buah atau air lemon. Jangan selalu minum air dingin, kombinasikan juga dengan air hangat. Selain mencegah konstipasi, minum banyak air bisa membuat feses lebih lunak sehingga Moms merasa nyaman saat buang air besar. 
  • Makan dalam porsi kecil. Makan dalam porsi kecil namun sering lebih baik dibandingkan dengan makan dengan porsi besar sekaligus. Beri usus waktu untuk mencerna makanan dengan baik.
  • Penuhi asupan serat. Per hari, seharusnya Moms mengasup 25-35 gram serat agar terhindar dari konstipasi. Selalu sertakan buah, sayur, serta kacang-kacangan dalam menu harian Moms.
  • Mengonsumsi probiotik. Yogurt dan minuman yang mengandung probiotik terkenal efektif untuk mengatasi konstipasi. Pastikan merek dan dosis yang baik untuk Moms konsumsi pada dokter.
  • Bergerak. Aktif bergerak juga bisa membantu kerja pencernaan dalam diri Moms. Rajinlah untuk melakukan senam hamil, atau cukup berjalan kaki setidaknya 10 menit per hari.
  • Jangan tahan keinginan untuk buang air besar, karena dengan menahannya justru bisa melemahkan otot pencernaan dan menimbulkan konstipasi. 
source: http://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2015/07/Activia-During-Pregnancy.jpg

Itulah beberapa cara mengatasi konstipasi saat hamil. Semoga bermanfaat ya Moms.