Usia 6 Bulan

Menurut buku petunjuk MPASI WHO, saat usia 6 bulan sistem pencernaan bayi sudah berkembang dengan baik sehingga bayi sudah mampu mencerna berbagai varietas makanan seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Hanya saja untuk mengenalkan ragam tekstur pada 6 bulan pertama harus sehalus mungkin.  

Tekstur makanan MPASI yang diberikan ke bayi 6 bulan pertama adalah makanan lumat/halus dalam bentuk puree atau bubur saring. Moms bisa membuat MPASI pertama bayi ini dengan cara dihaluskan, tumbuk atau saring (dengan saringan kawat). Meskipun demikian, bukan berarti makanan bayi itu encer atau cair. Moms bisa mengetes makanan bayi dengan cara memiringkan sendok makan bayi, jika makanan tidak tumpah maka makanan tersebut memiliki tekstur yang baik.

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTL-RAnVuqX1Ewnl9liOmnDI6E03ZLoniQdNatWasm2GwKdMc4aKw

Usia 7-8 Bulan

Tekstur MPASI pada rentang usia ini masih sama dengan tekstur MPASI pada saat pertama mengenalkan makanan padat. Moms bisa melumatkan dalam bentuk pure, bubur tim saring, atau makanan yang ditumbuk dan dihaluskan. Agar tekstur tetap lembek namun tidak terlalu cair atau encer, Moms bisa menambahkan sedikit air atau ASIP.

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTpWV87Qyl3yn_BhUGlICFhvsZDtlylwvuJVtWSX1eXUE5tdiwBLw
baca juga

Usia 9-10 Bulan

Rentang 9 sampai dengan 10 bulan bisa disebut masa kritis untuk melayih kemampuan bayi mengunyah makanan "padat". Pada usia ini bayi diharapkan mampu dan mau mengunyah makanan dengan tekstur yang lebih kasar dan mendekati bentuk sebenarnya. Jika Moms terlambat menaikkan teksturnya, kemungkinan bayi akan kesulitan makan makanan padat di kemudian hari.

Tekstur makanan dinaikkan dari makanan halus menjadi makanan lembek seperti nasi tim, bubur tanpa saring, makanan yang dicincang maupun irisan makanan yang dimasak cukup lunak. Moms bisa menggunakan slow cooker atau memasak secara manual tanpa harus menyaringnya atau mengolah lebih halus. 
 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTfJyi8AEYge3GkCCY74tQM5DqABK2quLkyT3nl6z-Jm62MFlTsWQ

Usia 11-12 Bulan

Tekstur makanan erat kaitanya dengan kemampuan motorik bayi dalam mencerna makanan seperti mengunyah, maupun kemampuan saluran cerna. Pada usia 12 bulan, rahang bayi sudah stabil dan mampu melakukan gerakan rotasi sehingga bayi sudah mampu mengunyah makanan dengan tekstur kasar. Pada usia ini bayi sudah mampu memakan makanan keluarga. Tapi untuk kehati-hatian, makanan anak harus disesuaikan dengan kebutuhan misalkan nasi yang cukup lembek dan daging yang dicincang kasar.

Di atas usia 12 bulan, bayi sudah mampu makan seperti apa yang kita makan sehari-hari, sehingga menunya bisa sama dengan menu keluarga. Jangan lupa ajari si bayi minum air putih setelah makan ya, Moms.

source: http://cdn3-www.wholesomebabyfood.momtastic.com/assets/uploads/2015/04/stage-2-baby-foods.png
baca juga

Usia di Atas 12 Bulan

Di atas usia 12 bulan, bayi sudah mampu makan seperti apa yang kita makan sehari-hari, sehingga menunya bisa sama dengan menu keluarga. Moms bisa menyiapkan makanan untuk bayi sama dengan menyiapkan makanan untuk keluarga.

source: https://www.babycenter.com/ims/2015/12/580x413x15_088_Baby-Center_Rice_Peas_17433_4x3.jpg.pagespeed.ic.JWxXJAUrjN.jpg

Nah Moms, demikian tadi cara mengenalkan ragam tekstur MPASI pada bayi pada tahun pertama kehidupannya. Semangat MPASI dan jangan lupa teruskan memberikan ASI hingga usia 2 tahun ya Moms!