Aditya Bagus Arfan

Pecatur Cilik Peraih Gelar Asian Master

 

source: http://pecaturindonesia.blogspot.com/


Saat masih berusia sembilan tahun, Aditya Bagus Arfan membawa harum nama baik bangsa Indoensia dengan mendapatkan gelar Asian Master. Pasalnya, ia berhasil memenangkan medali emas dalam kejuaraan lomba catur Asean U-10 di Thailand pada Juni 2016 lalu. Jangan heran, ia memang sudah memiliki ketertarikan pada papan catur sejak masih balita, lho. Keren ya!
 


Ayahrozad Nalfa Nadia dan Avicenna Roghid Putra Sidik

Kakak Beradik Peraih Juara Robotik Internasional

 

source: http://www.mediaindonesia.com/


Dua kakak beradik, Nadia yang saat itu masih berusia 9 tahun dan adiknya, Avicenna yang masih 6 tahun, berhasil menjuarai kompetisi Asian Youth Robotic Olymiads (AYRO) di Singapura. Nadia dan Avicenna berhasil memenangkan Gold Prize Medal Brick Speed, Gold Prize Medal, Silber Prize Medals Maze Solving Junior dan Bronze Medal Aerial Robotic Junior sekaligus dalam kompetisi ini. Meskipun masih sangat belia, Nadia dan Avicenna  sudah sangat sering merebut gelar juara dalam beragam kontes robotik internasional. Hebatnya!
 

baca juga

 
Joey Alexander


Sang Pianis Cilik Nominator Termuda Grammy Award

 

source: http://time.com/


Selain itu, ada pula anak yang berhasil membawa nama baik Indonesia di ajang Grammy Award 2016 lalu. Ialah Joey Alexander yang tampil sebagai nominator termuda Grammy Award dalam kategori Best Improvised Jazz Solo serta Best Jazz Instrumental Album dengan lagu Giant Steps pada album pertamanya yang berjudul My Favorite Things. Bahkan Joey juga berhasil membuat banyak artis ternama yang hadir dalam malam anugerah internasional itu memberikan tepuk tangan atas penampilannya yang membawakan lagu City Light.
 


Hibar Syahrur

Penemu Sepatu Anti Pelecehan Seksualnya
 
source: https://allyshanila.wordpress.com/


Di usianya yang masih belia, Hibar sudah memiliki gerakan hati untuk memberantas kasus pelecehan seksual yang terjadi di masyarakat. Ia menciptakan sepatu anti pelecehan seksual untuk membantu para wanita agar terhindar dari tindakan tidak menyenangkan tersebut. Atas penemuannya itu, ia berhasil mendapatkan medali emas dalam ajang Internasional Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Kuala Lumpur, Malaysia. 
 

baca juga

Yuma Soerinato

Sang Programmer Muda

 

source: http://www.lajajakids.com/


Yuma Soerinato berhasil mendapatkan predikat sebagai programmer termuda saat usianya masih 10 tahun dalam konferensi WWDC (World Wide Developers Conference) pada 2017 lalu. Ia pun menarik perhatian CEO Apple, Tim Cook, atas aplikasi yang ia buat. Dalam kesempatan itu, Yuma mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan Tim Cook. Hingga kini, Yuma telah menciptakan lima aplikasi yang dapat kamu temukan pada App Store, yaitu Let’s Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck, dan Pocket Poke. Luar biasa ya, Moms!


Nah, itulah beberapa anak Indonesia beprestasi di tingkat dunia. Mengagumkan, bukan, bahwa ternyata insan bangsa kita, mampu unjuk gigi di kancah internasional dalam usia yang masih begitu muda?