Apa itu penyakit GERD?
GERD merupakan singkatan dari Gastroesophageal reflux disease. Ini merupakan gangguan pencernaan yang memengaruhi otot antara perut dan dan esofagus. Singkatnya, GERD terjadi jika cairan asam lambung yang berada di dalam perut naik menuju esofagus atau saluran yang penghubung antara mulut dan perut. 
 

source: https://media.front.xoedge.com/images/1069e438-a9b5-42bc-b2c0-81581a44ff45~rs_1080.h

Bagaimana ciri penyakit GERD?
Seseorang yang mengalami penyakit GERD akan merasakan tekanan yang tidak nyaman di bagian perut atas dan sekitar dada. Tak jarang juga terasa panas seperti sensasi terbakar di sekitar dada hingga tenggorokan. Sebagian penderita lainnya juga mengalami batuk dengan tenggorokan terasa perih serta panas. 
 

source: https://www.mymed.com/image/1289/medicalarticle/800
baca juga

Apa yang menyebabkan GERD pada kehamilan?
Saat Moms hamil, berbagai hormon dalam tubuh Moms mengalami perubahan yang dapat memengaruhi cara kerja otot pencernaan dan makanan apa saja yang dicerna dengan baik. Yang paling sering terjadi yakni kemampuan relaksasi otot pencernaan menurun sehingga asam lambung terpercik kembali ke atas. Uterus yang semakin besar seiring membesarnya kehamilan juga memenuhi bagian abdomen sehingga asam lambung terdorong ke atas. 
 

source: https://cdn.davidwolfe.com/wp-content/uploads/2017/10/hands-2568594_1920.jpg



 

Bagaimana caranya menghindari GERD saat hamil?
GERD memang menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh saat hamil. Namun Moms tenang saja, karena ada beberapa cara yang dapat diandalkan untuk menghindari GERD selama kehamilan, seperti:

  • Makan dalam porsi kecil namun sering.
  • Makan dengan tidak terburu-buru.
  • Makan sambil duduk, tidak sambil berdiri atau berjalan.
  • Makan buah dan sayur agar tidak sembelit. Terjadinya sembelit juga akan memperburuk ketidaknyamanan jika mengalami GERD.
  • Usahakan tidak minum banyak selama makan. Minumlah segelas air putih beberapa menit sebelum dan beberapa menit setelah makan.
  • Jangan langsung berbaring seusai makan. Jaga agar posisi kepala tetap berada di atas area perut dan dada.
  • Hindari mengenakan pakaian yang ketat di area pinggang, perut, dan dada.
source: https://images-prod.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/Pregnancy_Diet_A_Guide_to_Optimal_Nutrition_When_Pregnant-732x549-thumbnail.jpg

Nah, itulah sekilas mengenai penyakit GERD pada wanita hamil dan cara mengatasinya. Tetap jaga kesehatan dan rajin-rajin memeriksakan kehamilan ya Moms. Semoga bermanfaat.