1. Aman atau Tidak Menyusui saat Sedang Hamil?

Nah, untuk menjawabnya coba cek ke dokter. Namun biasanya menyusui selama kehamilan umumnya bukan masalah. Hanya saja ada beberapa kasus di mana dokter akan menyarankan untuk menyapih anak. Misalnya, Moms memiliki riwayat kelahiran prematur yang disebabkan oleh pembukaan serviks terlalu dini, atau tanda-tanda persalinan prematur selama kehamilan atau pendarahan yang tidak biasa. Jika pernah mengalami hal tersebut, ditakutkan menyusui saat hamil akan merangsang kontraksi uterus yang berisiko bagi kehamilan. Kalau selama ini kehamilan dan persalinan baik-baik saja, maka tetap lanjutkan menyusui. 
 
source: http://natural-fertility-info.com/

 

2. Morning Sickness

Untuk beberapa ibu hamil, mual di pagi hari atau morning sickness akan tampak parah jika menyusui. Jika kamu salah satunya yang mengalami hal ini, cobalah untuk lebih sering nyemil makanan ringan seperti biskuit ataupun buah-buahan. Kalau memang morning sickness terjadi sangat parah dan Moms tidak bisa mengonsumsi apapun, maka terpaksa disarankan untuk menyapih anak. ASI akan sulit keluar apabila tidak ada nutrisi yang masuk ke tubuh. 
 
source: http://www.momjunction.com

 
baca juga

3. Puting Sakit

Oleh sebab perubahan hormon selama kehamilan, payudara dan puting akan menjada lebih sensitif atau sakit. Bersiap-siaplah mengalami hal ini. Saat menyusui, puting mungkin akan menjadi lebih sakit lagi. Untuk menanganinya, cobalah menyusui dengan waktu yang singkat dan perlekatan yang benar. Kalau perlu bernegosiasilah dengan anak mengenai waktu menyusui. 
 
source: http://www.parentsrightsusa.com

 

4. ASI Berkurang

Kehamilan akan membuat produksi ASI menurun. Hal ini merupakan hal wajar karena pengaruh dari hormon kehamilan. Untuk itu, tambahkan lebih banyak nutrisi ke dalam makanan dan minuman si kecil untuk mengimbanginya. 
 
source: http://www.beautifulbreastfeeding.com/

 
baca juga

5. Posisi Menyusui yang Baru

Selama hamil, perut akan kian membesar. Untuk itu, pertimbangkan posisi menyusui yang baru dan tidak menekan perut. Coba beberapa posisi misalnya berbaring, ataupun meminta anak duduk ataupun berdiri selagi menyusu. 

Jangan lupa juga untuk memberitahukan si kecil bahwa adiknya sedang berada di dalam perut, dan saat lahir juga akan menyusu sepertinya. Jika sudah waktunya nanti si kecil akan masuk ke proses menyapih dan tidak menyusu lagi.
 
source: https://thefertilechickonline.com

Nah, itu dia beberapa tips menyusui yang aman selama hamil Moms. Semoga informasi ini membantu ya!