Kelebihan Homeschooling

Homeschooling atau sekolah di rumah memiliki beberapa manfaat positif yaitu: 

1. Menghabiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Anak
Tidak sedikit orangtua yang memilih sistem sekolah di rumah dengan alasan ingin selalu dekat dengan anak-anaknya. Orang tua tidak perlu mengantar ke sekolah dan menunggu beberapa jam untuk menjemput anak sekolah. Dengan menyekolahkan anak di rumah, orang tua dan buah hatinya bisa memiliki banyak waktu bersama. 

 
source: http://hechingerreport.org
2. Dapat Memodifikasi Kurikulum Sesuai Kebutuhan Anak
Sekolah umum memiliki banyak murid. Terkadang seorang guru harus mengajar 30-40 lebih anak. Tentunya, guru akan kesulitan memberi perhatian dan memahami kebutuhan setiap muridnya. Sementara dengan menyekolahkan anak di rumah, Moms akan lebih fokus mengajar dan memerhatikan kebutuhannya. 

3. Hemat Biaya
Tentunya setiap orang tua ingin menyekolahkan anaknya di sekolah yang bagus. Sayangnya, hampir semua sekolah dengan standar yang berkualitas dan internasional memerlukan biaya yang besar. Nah, Moms bisa mengajarkan anak materi berkualitas lewat homeschooling, namun hemat biaya. 

4. Jadwal yang Lebih Santai
Ingin mengajak anak berlibur, Moms? Tak perlu menunggu sampai liburan tiba. Anak homeschooling bisa diajak berlibur kapan saja. Tapi ingat, jangan sampai berlibur terlalu lama dan mengganggu waktu belajarnya ya! 
source: https://www.appliedbehavioranalysisprograms.com

 
baca juga

Kekurangan Homeschooling

1. Anak Kurang Bergaul
Salah satu yang ditakutkan orang tua ketika memutuskan anaknya untuk ikut homeschooling adalah anak menjadi kurang bersosialisai atau bergaul dengan teman-teman sebayanya. Padahal sosialisasi merupakan salah satu kebutuhan utama setiap orang. Tapi, jangan khawatir soal ini Moms. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas homeschooling dan ajak anak ber-playdate dengan anak-anak dalam komunitas tersebut. 

2. Kritik dari Orang Lain
Meski banyak orangtua yang sudah menerapkan sistem homeschooling di Indonesia, namun tidak sedikit pula yang masih asing dengan sistem ini. Alhasil homeschooling pun menuai pro dan kontra sampai sekarang. Jadi, siap-siap saja apabila ada orang lain yang memberi kritik karena memilih menyekolahkan anak di rumah ya Moms!
 
source: http://www.ncchild.org

3. Tidak Merasakan Keseruan Fasilitas dan Aktivitas Sekolah
Anak yang belajar di rumah tidak memiliki kesempatan menikmati fasilitas sekolah, seperti laboratorium sains, fasilitas olahraga dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Eksperimen ilmiah masih bisa dilakukan anak di rumah, namun tidak seseru jika melakukannya di laboratorium. Selain itu, anak tidak menikmati aktivitas menyenangkan seperti darmawisata, study tour dan lain-lain. 

Nah, itu dia kekurangan dan kelebihan homeschooling atau sekolah di rumah. Pertimbangan kedua aspek ini sebelum memutuskan menerapkan homeschooling atau tidak kepada anak ya, Moms!