Penyakit atau gangguan disleksia pada anak bisa terlihat bahkan sebelum anak belajar membaca atau bersekolah. Tanda-tanda awalnya adalah: 

1. Keterlambatan Bicara
Terlambat bicara bisa menjadi tanda peringatan awal anak menderita disleksia. Meskipun anak sudah berbicara, namun perkembangan anak lebih lambat daripada anak seusianya. Selain itu, anak mengucapkan kata dengan keliru. Misalnya ketika mengatakan binatang, anak menyebutnya "bibatang" dan sebagainya. Selain itu, saat di sekolah, anak tidak bicara banyak dengan teman-temannya. 
 
source: https://twitter.com

2. Sulit Memberi Nama Objek
Disleksia membuat otak sulit dalam memproses bahasa. Hal ini akan menyebabkan anak sering keliru menamakan atau mengenali objek. Ketika ditanya yang mana garpu, kemungkinan ia akan menunjuk sendok. Saat belajar angka, anak juga menjadi kesulitan menghapal atau mengingat angka-angka tersebut. 


3. Sulit Menyimak
Anak dengan disleksia sulit dalam meyimak sesuatu. Misalnya ketika akan keluar rumah, Moms meminta anak membawa sepatu dan jaket, kemungkinan ia hanya akan membawa sepatu dan melupakan jaket. Ini karena disleksia memengaruhi kemampuan mendengar dan menyimak anak. 


 
source: https://dyslexia.com.au

 
baca juga
Nah, saat anak masuk sekolah dasar, tanda-tanda ia mengalami disleksia semakin terlihat, yaitu: 

1. Sulit Membaca
Saat anak mulai belajar membaca, ia akan kesulitan mengenail bunyi setiap huruf. Ketika diminta membaca dengan suara keras, ia kemungkinan akan menolak, akibat kesulitan mengenali bunyi setiap huruf. 

 
source: https://www.understood.org

2. Tidak Tertarik dengan Buku
Banyak anak yang tertarik dengan buku, namun berbeda dengan anak disleksia. Mereka menampakkan jika tidak tertarik dengan buku ataupun karakter favorit yang ada di dalamnya. Kalaupun diminta membaca, ia ingin cepat-cepat menyelesaikannya ketimbang menikmati isi buku yang dibacannya. 

3. Sulit Mengingat Isi Buku yang Dibaca
Anak dengan disleksia sulit membaca sehingga ketika diminta membaca buku, ia ingin cepat-cepat selesai. Hal ini pun membuatnya tidak memahami isi buku tersebut. Ketika diminta untuk menceritakannya kembali, anak sulit mengingat cerita tersebut. 

Nah, itu di beberapa gejala penyakit atau gangguan disleksia pada anak. Tak ada salahnya untuk memeriksakan anak ke dokter untuk memastikan diagnosis yang tepat pada anak, agar tindakan terbaik dapat diambil sebelum tumbuh kembang anak terganggu kelak. Waspada ya, Moms!